Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Arsjad Rasjid, Direktur Utama Indika Energy. Foto: Perseroan.

Arsjad Rasjid, Direktur Utama Indika Energy. Foto: Perseroan.

Garap Motor Listrik, Indika Energy (INDY) Gandeng Alpha JWC dan Horizons Ventures

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:52 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Indika Energy Tbk (INDY) mendapat suntikan dana dari Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures untuk mengembangkan motor listrik di Tanah Air.

Direktur INDY Purbaja Pantja menjelaskan, kerja sama antara INDY, Alpha JWC Ventures, dan Horizons Ventures baru diteken pada 19 Mei 2022.

Baca juga: Serius Garap Motor Listrik, Indika Energy (INDY) Bentuk Subholding Ilectra Motor Group

“Baru ditandatangani kemarin adalah kaitannya dengan partnership kita dengan Alpha JWC Ventures dan juga Horizons Ventures dalam suatu PT Ilektra Motor Group atau IMG untuk mengembangkan motor listrik,” ungkap Purbaja dalam paparan publik INDY, Jumat (20/5/2022).

Sebagaimana diketahui, jelas dia, INDY telah membentuk anak perusahaan baru, yakni PT Ilektra Motor Group (IMG). Entitas itu adalah perusahaan ventura dan induk usaha bisnis kendaraan listrik roda dua.

Adapun pada 19 Mei 2022, Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures telah menandatangani perjanjian pinjaman senilai US$ 7,5 juta, yang dapat dikonversi menjadi saham pada IMG sebesar 21,4% (total gabungan Alpha JWC dan Horizons).

“Kita membuat suatu perusahaan baru IMG ini di mana komposisi kepemilikannya itu adalah 78,6% (Solusi Mobilitas Indonesia/anak usaha Indika) dan 21,4% gabungan Alpha JWC dan Horizons setelah investasi utang yang bisa dikonversi ke saham itu,”sebut Purbaja.

“Sekarang statusnya masih utang dahulu yang nanti kemudian hari bisa dikonversi ke depannya. Investasi dari mereka sekitar 7,5 juta dolar dan dengan ini kita akan menggunakan dananya untuk mengembangkan bisnis berbasis kendaraan motor roda dua,” lanjut Purbaja.

Baca juga: Kontraktor Nikel, Mandiri Mineral (NPII) Gelar IPO 0,73% Saham di Kisaran Rp 132-142

Menurut dia, bersamaan dengan perjanjian tersebut, Indika Energy juga akan lakukan investasi tambahan sebesar US$ 7,5 juta, sehingga total investasi yang dilakukan yang berkaitan dengan perjanjian ini adalah US$ 15 juta.

“Alpha JWC dan Horizons adalah dua venture capital yang terkemuka. Jadi bisa dilihat pengalaman mereka baik di Asia Tenggara, konteks Alpha JWC atau Horizons Ventures yang berbasis di Hongkong dan sudah lama di bidang investasi di perusahaan-perusahaan teknologi,” ucap Purbaja.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN