Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GoTo Gojek Tokopedia

GoTo Gojek Tokopedia

RUPS Agendakan Persetujuan Private Placement, GOTO Ungkap Faktanya

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:10 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id –  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyebutkan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement bukanlah rencana baru. Permintaan persetujuan pemegang saham atas aksi korporasi ini bagian dari proses administratif yang harus dijalankan sebagai perusahaan terbuka.

Corporate Secretary GOTO Koesoemohadiani mengatakan, persetujuan pemegang saham terhadap rencana ini telah diperoleh sebelumnya dan dijabarkan di dalam prospektus penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada April 2022.

Advertisement

Baca juga: Wah, Market Cap Saham GOTO Tempel Ketat Bank Mandiri (BMRI)

“Hal ini juga tidak dimaksudkan bahwa kami akan melakukan opsi PMTHMETD saat ini. Sebagai perusahaan terbuka, kami ingin memastikan standar praktik tata kelola perusahaan yang baik secara optimal, sehingga kami melakukan pembaruan terhadap persetujuan pemegang saham yang telah diberikan sebelumnya untuk PMTHMETD,” ujarnya kepada Investor Daily di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

GOTO melalui keterbukaan informasinya hari ini menyebutkan bahwa perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham untuk menggelar PMTHMETD sebanyak 118,43 miliar saham seri A. Jumlah saham tersebut setara dengan 10% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan. Agenda tersebut akan dibahas dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan pada 28 Juni 2022.

Manajemen perseroan menyebutkan bahwa GOTO berharap mendapatkan alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan perseroan dan anak perusahaan perseroan melalui PMTHMETD ini. Sedangkan dana yang diperoleh akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perseroan, PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa, dan/atau PT Multifinance Anak Bangsa.

Harga pelaksanaan saham baru perseroan tersebut paling sedikit 90% dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama kurun waktu 25 hari bursa berturut-turut di pasar reguler sebelum tanggal permohonan pencatatan saham baru hasil PMTHMETD kepada BEI.

Baca juga: Jumbo Lagi! Placement GOTO Ditaksir Bisa Sampai Rp 30 Triliun?

Setelah pelaksanaan PMTHMETD menjadi efektif, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham GOTO saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar maksimum 9,09%. Pelaksanaan PMTHMETD ini tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara saham seri B terhadap saham seri A. Kendati demikian, dalam keterbukaan informasinya, GOTO belum menyebutkan siapa investor baru yang bakal menyerap saham melalui private placement.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN