Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan di pabrik Dharma Polimetal. Foto: Dok Dharma Group

Kegiatan di pabrik Dharma Polimetal. Foto: Dok Dharma Group

Bisnis Electric Vehicle Cerah, Dharma Polimetal (DRMA) Genjot Produksi

Minggu, 22 Mei 2022 | 08:49 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) gencar memproduksi komponen kendaraan listrik berupa battery pack dan battery management system pada kendaraan roda tiga dan juga e-bike. Hal ini sejalan dengan optimisme perseroan bahwa kendaraan listrik akan menjadi pendorong kinerja perseroan pada 2022.

Presiden Direktur DRMA Irianto Santoso menjelaskan, untuk menyambut era Electric Vehicle (EV) di Indonesia, perseroan telah memproduksi rangka badan kendaraan dengan menggunakan lightweight material yang terbukti memiliki daya tarik yang tinggi. Dengan menggunakan rangka badan kendaraan listrik menjadi lebih ringan dengan bahan high-tensile. Karena saat ini, berat baterai kendaraan listrik hampir mencapai 1/3 dari total berat kendaraan oleh karena itu berat rangka badan kendaraan harus dibuat lebih ringan dari rangka kendaraan konvensional.

Baca juga: Dharma Polimetal (DRMA) Tambah Modal Anak Usaha

DRMA sudah membuat baterai pack untuk sepeda, e-scooter dan kendaraan roda tiga yang diproduksi sendiri. “Dalam pengerjaan komponen otomotif, kami selalu mengembangkan kemampuan kami dalam bidang riset dan engineering untuk mendesain dan membuat sendiri peralatan (tools) dan mesin-mesin yang diperlukan, sehingga semua dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan,” jelasnya dalam keterangan resmi.

Lebih lanjut, Irianto menjelaskan, DRMA juga menyediakan wiring harness, yaitu komponen yang pasti dibutuhkan oleh setiap kendaraan listrik dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari yang sudah ada saat ini. Setiap kendaraan listrik membutuhkan kabel yang dapat menghantarkan arus listrik dengan tegangan tinggi, namun kabel yang ada saat ini tidak dapat mensupport tegangan tersebut sehingga dapat mengakibatkan kabel akan terbakar.

"Oleh karena itu, kami sudah memproduksi baterai pack untuk kendaraan sepeda listrik dan kami sudah mempersiapkan battery management system yang membutuhkan teknologi tersendiri. Untuk baterai pack, terdiri dari sekitar 300-400 baterai yang dijadikan satu dan harus diatur kerjanya agar tidak terbakar dan rusak," ujarnya.

Selain berfokus pada produk, perseroan terus menegmbangkan pasar dengan merambah produk charging station high speed maupun low speed hasil dari kerjasama dengan perusahaan asal Korea yang belum lama ini disepakati antara kedua perusahaan.

Baca juga: Belum Genap Setahun di BEI, Dharma Polimetal (DRMA) Bagi-bagi Dividen

"Dengan berbagai langkah strategis serta ekonomi nasional yang sudah mulai pulih, daya beli masyarakat akan semakin membaik di tahun ini, khususnya untuk industri otomotif. Sejalan dengan hal tersebut, kami menargetkan DRMA dapat mencapai pertumbuhan hingga 20% di tahun ini,” kata Irianto.

Belum lam ini, DRMA memberikan kabar gembira bagi para pemegang sahamnya dengan membagikan dividen sebanyak Rp 120 miliar atau sekitar 40% dari laba bersih tahun 2021 Rp 301 miliar.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN