Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Plt. Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko dalam Rapat Dengar Pendapat dengan komisi VI DPR, 25 Mei 2022

Plt. Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko dalam Rapat Dengar Pendapat dengan komisi VI DPR, 25 Mei 2022

Kenali Modus Penawaran Paket Investasi dengan Robot Trading

Rabu, 25 Mei 2022 | 15:27 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Masyarakat diminta untuk mewaspadai aktivitas robot trading yang disinyalir kuat menjalankan skema ponzi. Banyak korban yang mengalami kerugian dalam jumlah besar akibat iming-iming keuntungan yang pasti dari skema tersebut.

Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko menuturkan, robot trading adalah software komputer yang dapat bekerja secara otomatis untuk memonitor pasar, kalkulasi peluang entry, menempatkan transaksi serta melakukan manajemen risiko berdasarkan algoritma yang telah ditanamkan pada baris-baris programnya.

Advertisement

Beberapa modus penawaran investasi dengan robot trading yang perlu diwaspadai antara lain menjual robot trading dengan janji fix income atau profit sharing. Kemudian memberikan janji atau iming-iming iklan yang menyesatkan, seperti ‘Dengan Tidur Nyenyak Sudah Dapat Untung’.

Baca juga: Bibit.id Raih Pendanaan Baru US$ 80 Juta dari GIC dan Prosus Ventures Cs

Menurut Didid, modus lainnya dengan menawarkan jasa sewa robot trading melalui member get member. Investor diiming-imingi akan mendapatkan bonus atau komisi jika bisa merekrut member baru. Biasanya juga berkedok menjual eBook, produk kecantikan atau produk lainnya dengan sistem multilevel marketing. Member mendaftar ke situs web perusahaan penyedia robot dengan memasukkan kode referral upline.

“Setelah mendaftar, akan diarahkan untuk memilih paket robot trading dengan disertai penyetoran dana yang digunakan sebagai biaya sewa robot ke penyedia robot dan deposit ke broker yang diperlukan untuk bertransaksi,” ungkap Didid Noordiatmoko dalam Rapat Dengar Pendapat dengan komisi VI DPR, Rabu (25/5/2022).

Didid menambahkan, dalam penawaran robot trading juga dikategorikan kedalam paket-paket investasi yang akan menentukan besarnya jasa sewa robot, deposit yang diperlukan, dan besarnya profit sharing. Berikutnya adalah menjanjikan keuntungan pasti dalam persentase tertentu, biasanya 1% per hari atau 15% sampai 30% per bulan, dan juga akan membatasi kerugian dalam tertentu, biasanya 10%. Lalu terdapat perbedaan kurs antara deposit dengan withdrawal.

Baca juga: Anggota Komisi VI Desak Bappebti Buka Blokir Withdrawal Member DNA Pro

“Misalnya depositnya Rp15 ribu per dolar, withdrawal-nya hanya Rp13 ribu per dolar,” tambah Didid.

Jasa sewa trading ini juga hanya dapat digunakan di pialang berjangka (broker) tertentu yang biasanya ilegal, serta tidak dapat digunakan di semua pialang berjangka meskipun sama-sama menggunakan MT4 atau MT5. “Investor juga hanya dapat memantau transaksi, tidak diperkenankan melakukan campur tangan dalam mengambil posisi buy and sell,” jelas Didid.

Bappebti telah melakukan pengamatan terhadap aktivitas penawaran paket-paket investasi robot trading. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, dipelajari dan dilakukan analisisis, di mana terdapat perusahaan yang hanya memiliki perizinan berusaha di bidang penjualan langsung atau SIUPL, namun tidak memiliki legalitas di bidang perdagangan berjangka.

“Berdasarkan hasil pendalaman terhadap entitas tersebut, Bappebti telah mencium adanya potensi kerugian di tengah masyarakat yang dapat timbul dari adanya penawaran paket-paket investasi menggunakan robot trading. Sejak 2021, Bappebti juga telah meningkatkan pengamatan dan pengawasan online terhadap entitas yang menawarkan robot trading maupun perdagangan berjangka komoditi (PBK) ilegal lainya,” tutup Didid.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN