Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitra10 dan Atria di Cibinong, Jawa Barat.

Mitra10 dan Atria di Cibinong, Jawa Barat.

Catur Sentosa (CSAP) Pacu Ekspansi Sektor Ritel Modern

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:14 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

CIBINONG, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), pemilik jaringan distribusi bahan bangunan, kimia, dan FMCG serta ritel modern bahan bangunan & home improvement Mitra10 serta home furnishing Atria kembali melakukan ekspansi dengan meresmikan superstore baru Mitra10 dan Atria di Cibinong.

Dengan demikian, CSAP telah membuka superstore Mitra10 ke-44 dan Atria ke-18. Berkat strategi ekspansi yang agresif itu, Mitra10 kini merupakan jejaring ritel bahan bangunan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Superstore Mitra10 Cibinong yang menempati area seluas 2,1 hektare (ha) ini merupakan toko ke-2 yang dibuka tahun 2022. Sebelumnya pada Januari lalu dibuka di Pekanbaru, Riau dan dalam waktu dekat menyusul pembukaan 2 toko baru satu di Jabotabek dan satu lagi di luar Jawa. Sehingga akan menggenapi target 4 toko baru Mitra10 di 2022.

Baca juga: Laba Bersih Melonjak 144%, Pengelola Mitra10 (CSAP) Lanjutkan Ekspansi Agresif

Corporate Secretary Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma mengatakan, strategi ekspansi ini untuk mengenapi target kepemilikan 50 toko Mitra10 pada 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan target jangka panjang berikutnya, yakni kepemilikan 100 toko Mitra10 pada 2030.

Mitra10 Cibinong memiliki luas bangunan 7.280m2 dengan area penjualan seluas 3.071m2, yang menjual 65.000 item barang/Stock Keeping Unit (SKU). Barang yang 80% buatan lokal dalam negeri tersebut yang terbagi dalam 13 kategori, yang terdiri dari cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, pipa/plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances).

Selain menjual brand-brand kenamaan dari prinsipal, perseroan juga memiliki House Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ryobi. Kesediaan varian barang yang lengkap ditunjang oleh area gudang seluas 1.565m2.

Baca juga: 2022, Catur Sentosa (CSAP) Lanjutkan Ekspansi yang Agresif

Erick Koswara, GM Marketing Communication Mitra10 menjelaskan, pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah.

“Dengan dibukanya Mitra10 di Cibinong, saat ini kami telah memiliki 44 toko di 25 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Cibinong dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah,” tuturnya.

Saat ini, CSAP memiliki 43 cabang distribusi bahan bangunan di 41 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG). Pada segmen ritel, perseroan memiliki 44 toko Mitra10, serta 18 showroom Atria di kota-kota besar di Indonesia, antara lain Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Strategi perseroan melakukan ekspansi agresif berbuah manis. Hal itu dapat dilihat dari pencapaian kinerja 2021, dimana laba bersih (laba komperehensif yang dapat diatribusikan ke entitas induk) tumbuh signifikan 144% menjadi Rp 220 miliar, dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang sebesar Rp 90 miliar.

Baca juga: Incar Penjualan Rp 15 Triliun, Simak Strategi Catur Sentosa (CSAP)

Pencapaian bottom line tersebut tidak lepas dari pertumbuhan pendapatan konsolidasi atau top line yang tumbuh 12,5% menjadi Rp 14,24 triliun dari Rp 12,65 triliun. Pendapatan tersebut dikontribusikan oleh penjualan barang beli putus tercatat sebesar Rp 13,5 triliun dan penjualan konsiyansi sebesar Rp 730,1 miliar pada 2021.

Sepanjang 2021, laba kotor tercatat Rp 2,29 triliun, tumbuh 16,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,97 triliun. Laba usaha tercatat Rp 516,6 miliar, tumbuh meyakinkan 58,2%. Laba sebelum pajak Rp 288,06 miliar, tumbuh 151%.

Tahun ini, CSAP yang menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 11% dan pertumbuhan laba bersih sebesar 18%. Perseroan menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 600 miliar, yang dialokasikan untuk pengembangan segmen ritel modern Mitra10 dan Atria.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN