Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam sesi panelis hari kedua Inception Meeting B20 Indonesia, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Telkom)

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam sesi panelis hari kedua Inception Meeting B20 Indonesia, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Telkom)

Lanjutkan Investasi Startup, Telkom (TLKM): Ini Kebutuhan Ekosistem

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:17 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memastikan akan terus melakukan investasi pada perusahaan-perusahaan rintisan atau startup meski terjadi gelombang restrukturisasi tengah melanda perusahaan startup global.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan investasi dilakukan sejalan dengan kebutuhan ekosistem Telkom dan anak-anak usaha. Kendati begitu, Ririek memastikan Telkom akan melakukan investasi ke perusahaan rintisan dengan sangat hati-hati.

Saat ini Telkom sedang melakukan negoisasi dengan sejumlah pihak terkait investasi dimaksud. “Kami menyadari tidak semua hal bisa kita lakukan sendiri, untuk itu kami juga membuka kerja sama yang baik dengan perusahaan di Indonesia maupun dengan global player. Ada ada beberapa yang akan kita realisasikan segera,” kata Ririek dalam Konfrensi Pers yang digelar secara virtual usai RUPST, Jumat (27/5/2022).

Ririek menyebut bahwa investasi pada perusahaan rintisan tidak semata bertujuan menghasilkan capital gain tetapi juga mencari peluang sinergi yang dapat diperoleh antara startup tersebut dengan Telkom group dan anak perusahaan. “Dengan demikian kalaupun terjadi naik turun harga saham, kami yakin bisa monetizing melalui sinergi yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya menyampaikan, pada sisi value multiple tahun 2021, investasi Telkom di perusahaan rintisan tercatat sebesar 1,6 kali, dengan begitu Telkom mengalami realized gain sebesar Rp 140 miliar.

"Di samping itu value synergy-nya juga cukup besar di mana pada kuartal I tahun value synergy-nya yang kita dapatkan dari startup Telkom di Telkomsel dan MDI Ventures lebih dari sekitar Rp 500 miliar. Sehingga hasil yang kita lakukan pada startup-startup kita secara keseluruhan hasilnya bagus," urai Budi.

Adapun terkait strategi pengembangan pada stratup yang sudah dimiliki, khususnya terhadap Goto dan LinkAja, Ririek menyebut pihaknya akan terus memperbesar potensi sinergi dua perusahaan tersebut, termasuk beberapa startup yang sudah dimiliki Telkom. “Kami juga terus mencari peluang-peluang baru sehingga startup tersebut bisa tumbuh,” katanya.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN