Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi WIKA. (Foto: PT Wijaya Karya Tbk)

Ilustrasi WIKA. (Foto: PT Wijaya Karya Tbk)

WIKA Raih Fasilitas Kredit dari Bank BTN Rp 765 Miliar

Minggu, 29 Mei 2022 | 14:28 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) meraih fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) kontraktor dan penjaminan dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) senilai Rp 765 miliar sebagai modal kerja. 

Sekretaris Perusahaan Wika Mahendra Vijaya menjelaskan bahwa transaksi afiliasi tersebut bertujuan untuk menyelesaikan pembangunan proyek perseroan, khususnya pembiayaan atas Pekerjaan pemancangan dan sipil area CE proyek Smelter Manyar di Gresik, Jawa Timur.

Baca juga: WIKA Beton (WTON) Tuntaskan Slab Track Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lebih Cepat

Mahendra merinci, nilai plafon fasilitas KMK yang diberikan Bank BTN sebesar Rp 340 miliar dan nilai penjaminan fidusia berupa tagihan atas kontrak pekerjaan dengan PT Chiyoda International Indonesia sebesar Rp 425 miliar.

“Transaksi ini dilaksanakan pada saat penandatanganan Perjanjian KMK Kontraktor dan Perjanjian Jaminan Fidusia pada 23 Mei 2022,” kata Mahendra dalam keterangan resminya dikutip, Minggu (29/5).

Transaksi tersebut termasuk transaksi afiliasi karena pemegang saham mayoritas baik WIKA maupun BBTN merupakan pemerintah dengan masing-masing porsi kepemilikan 65% untuk WIKA dan 60% untuk BBTN.

Motor Gesit

Baru-baru ini, Wika melalui anak usahanya PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) menjual sebanyak 37 unit motor listrik Gesits kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh untuk mendukung dan merealisasikan program Pemprov Aceh mengurangi emisi karbon dan program Aceh Hijau.

Baca juga: Lion Parcel Gunakan Motor Listrik Gesits untuk Antar Paket

Pemprov Aceh membeli motor listrik Gesits tersebut untuk memenuhi butuhan operasional petugas pengumpul data perindustrian dan survei kebutuhan pokok di 23 kabupaten atau kota Provinsi Aceh.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, latar belakang pemilihan kendaraan listrik GESITS ini di samping untuk menghemat biaya, juga untuk memudahkan kinerja sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada karya anak bangsa.

Selain itu, penggunaan sepeda motor tersebut juga untuk memperkenalkan Gesits kepada masyarakat Aceh sebagai kendaraan yang hemat energi dan bersih lingkungan. “Dengan demikian, kita siap berpartisipasi mendukung operasional seluruh kendaraan bertenaga listrik di Indonesia pada 2050,” ujar Nova.

Sementara itu, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur M. Samyarto mengatakan penggunaan GESITS sebagai kendaraan operasional pemerintah daerah menjadi wujud nyata bentuk sinergi antara Pemerintah Daerah dan WIMA untuk mendukung ketahanan energi nasional dan mendorong akselerasi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Samyarto mengungkapkan bahwa Aceh merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan sepeda motor listrik GESITS sebagai kendaraan operasional di lingkungan Pemerintahan Daerah.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN