Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Silmy Karim. (Foto: IST)

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Silmy Karim. (Foto: IST)

Krakatau Steel (KRAS) akan Terbitkan OWK Rp 800 Miliar

Kamis, 2 Juni 2022 | 19:33 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) berencana menerbitkan obligasi wajib konversi (OWK) seri B sebanyak-banyaknya Rp 800 miliar. Obligasi ini memiliki tenor sejak tanggal penerbitan OWK seri B hingga 30 Desember 2027, yang wajib dikonversi menjadi saham baru perseroan pada saat jatuh tempo, melalui mekanisme penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) atau private placement.

“Sehubungan rencana transaksi, perseroan bermaksud meminta persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS yang rencananya diselenggarakan pada 8 Juli 2022,” jelas manajemen Krakatau Steel dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6/2022).

Rencana penerbitan OWK seri B melalui mekanisme private placement ini sebenarnya telah memperoleh persetujuan pemegang saham pada 29 Juli 2021. Namun, penarikan OWK seri B belum bisa dilakukan KRAS karena ada beberapa persyaratan yang belum disepakati antara perseroan dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai pelaksana investasi.

Baca juga: Pengumuman! Mitratel (MTEL) Bakal Buyback Saham Rp 1 Triliun

Krakatau Steel hanya dapat menyerahkan permintaan penarikan dana investasi kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai pemberi investasi, melalui SMI, setelah dinyatakan telah memenuhi semua kondisi prasyarat. “Atau, apabila pemenuhan syarat tertentu telah dikesampingkan secara tertulis oleh pelaksana investasi berdasarkan persetujuan dari pemberi investasi,” jelas manajemen.

Prasyarat yang akan dipenuhi KRAS sebelum menerbitkan OWK seri B, antara lain pernyataan agen fasilitas bahwa perseroan tidak dalam kondisi cedera janji berdasarkan perjanjian restrukturisasi kredit. Kemudian, memperoleh persetujuan permintaan dana investasi dari Kementerian BUMN sebagai pemegang saham seri A Dwiwarna.

Emiten pelat merah ini juga diminta memenuhi penandatanganan dan penyerahan akta notaris tentang pengakuan utang dengan nilai setara pokok OWK seri B. Prasyarat lainnya, Kemenkeu harus telah menyetujui pencairan dana investasi untuk penerbitan OWK seri B.

Menurut manajemen Krakatau Steel, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kemenkeu, dan SMI secara prinsip telah menyetujui pemberian dana investasi dari pemerintah untuk perseroan. Hal ini sehubungan penerbitan OWK maksimum Rp 3 triliun, termasuk di dalamnya OWK seri B sebesar Rp 800 miliar.

“Perseroan akan memenuhi seluruh kondisi prasyarat penerbitan OWK seri B berdasarkan Perjanjian Penerbitan Obligasi Wajib Konversi sebelum diterbitkannya OWK seri B oleh perseroan,” tandas manajemen.

Perlu diketahui, OWK seri B diterbitkan untuk menambah modal dalam upaya memperbaiki posisi keuangan, yaitu modal kerja perseroan berupa pembelian Slab yang saat ini harganya naik. Penerbitan OWK seri B juga dilakukan sebagai program PEN berdasarkan ketentuan SEOJK No. 20/2021, sehingga penerbitan obligasi ini dilakukan sesuai persyaratan private placement.

Baca juga: Telkom (TLKM) Siapkan Capex Rp 40 Triliun

Dalam rangka perbaikan posisi keuangan, KRAS dikecualikan untuk memberikan HMETD dalam penerbitan saham atau efek bersifat ekuitas kepada pemegang saham, berdasarkan POJK HMETD. Selanjutnya, merujuk laporan keuangan secara konsolidasi per 31 Desember 2021, Krakatau Steel mempunyai modal kerja bersih negatif dan liabilitas melebihi 80% dari aset perseroan pada saat RUPS 8 Juli 2022 mendatang.

Sebelumnya, BUMN di industri logam dasar besi dan baja ini telah mengantongi persetujuan pemegang saham untuk menerbitkan OWK sebanyak-banyaknya Rp 3 triliun. Dari jumlah pokok tersebut, Krakatau Steel telah menerbitkan OWK seri A dengan nilai pokok Rp 2,2 triliun melalui mekanisme private placement. (C02)

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com