Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek (EMTK) berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) kuliner asal Indonesia, Mangkokku
Sumber: Istimewa

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek (EMTK) berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) kuliner asal Indonesia, Mangkokku Sumber: Istimewa

Emtek (EMTK) Investasi di Startup Kuliner Kaesang

Selasa, 7 Jun 2022 | 05:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek (EMTK) berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) kuliner asal Indonesia, Mangkokku. Investasi ini melalui pendanaan Seri A sebesar US$ 7 juta atau setara Rp 101 Miliar yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan Emtek, dengan partisipasi dari Cakra Ventures.

Mangkokku didirikan oleh chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep pada tahun 2019 dan saat ini Mangkokku memiliki 50 cabang di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Semarang, Solo dan Bandung.

Baca juga: Jual Saham Treasury, Emtek (EMTK) Kantongi Dana Rp 206 Miliar

Pada 2020 lalu, Mangkokku mendapatkan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures. Sejak itu, penjualan Mangkokku telah tumbuh 6x lipat. Saat ini, Mangkokku mengoperasikan 50 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo. Dengan puluhan menu permanen dan musiman, Mangkokku menyajikan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya melalui pemesanan online dan offline.

Advertisement

Co-Founder dan CEO Mangkokku Randy Kartadinata mengatakan meski pandemi, Mangkokku berhasil membangun bisnis yang berkelanjutan dan tumbuh secara sehat, dan kini, Mangkokku siap melebarkan sayapnya lebih jauh lagi. Pertama, Mangkokku mulai menyambut kembali pelanggan ke restoran dine-in. Mangkokku baru saja meluncurkan gerai flagship di Mall Sarinah dengan konsep modern, cozy dan menu makan di tempat yang istimewa. Dalam beberapa bulan kedepan, Mangkokku akan membuka lebih banyak restoran dine-in sambil terus menambah gerai cloud kitchen ke kota-kota baru.

Co-Founder Mangkokku  chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, dan Kaesang Pangarep
Sumber: Istimewa
Co-Founder Mangkokku chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, dan Kaesang Pangarep Sumber: Istimewa

Kedua, lanjut Randy, untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja, Mangkokku akan meluncurkan aplikasinya pada akhir tahun ini. Aplikasi ini nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus. “Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk membuka outlet ke-100nya tahun ini serta 100 gerai lagi di 2023. Kami ingin Mangkokku menjadi perusahaan New Retail terbaik di Indonesia,” ungkap Randy dalam keterangan pers, Senin (6/6/2022).

Tak berhenti di ekspansi toko, Randy mengatakan Mangkokku memiliki mimpi besar menjadi perusahaan kuliner dengan produk kuliner serta ekosistem yang lengkap dan membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Untuk ini, Mangkokku meluncurkan holding company, yaitu Nusantara Culinary Group. Di bawah naungan holding company tersebut, pihaknya akan menghadirkan lebih banyak hidangan lezat dari dapur.

Baca juga: Unilever (UNVR) Masuk 10 Besar Lagi, Geser Emtek (EMTK)

“Kami mulai dengan minuman dan sambal kemasan dan akan meluncurkan jenis hidangan lainnya tahun ini dan seterusnya untuk menjadi solusi kuliner end-to-end bagi pelanggan kami,” tambah Randy.

Sementara itu, Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe mengatakan, Mangkokku terus memiliki pencapaian baru sejak investasinya setahun yang lalu. Mulai dari peluncuran flagship store yang sukses di jantung ibu kota Jakarta, ekspansi gerai di 10 kota besar Indonesia, dan basis pelanggan yang kuat dan loyal secara online dan offline. Hal ini didukung oleh dasar research and development (R&D) dan inovasi Mangkokku yang kuat, sehingga memungkinkan peluncuran produk baru secara teratur.

“Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya,” kata Jefrey Joe.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com