Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Pupuk Kalimantan Timur. (Foto: Perseroan)

PT Pupuk Kalimantan Timur. (Foto: Perseroan)

Keren! PKT akan Produksi Amoniak Ramah Lingkungan Berbahan Baku Air

Selasa, 7 Juni 2022 | 10:21 WIB
Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

BONTANG, investor.id – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berencana melakukan diversifikasi bisnis dengan memproduksi amoniak ramah lingkungan berbahan baku air. Langkah ini ditempuh sebagai salah satu upaya perseroan mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governane/ESG).

"Kami akan mengembangkan amoniak dari air. Ini bagian dari upaya kami melaksanakan ESG," tutur Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi kepada pimpinan media massa di Bontang, Selasa (7/6/2022).

Baca juga: 2022, PKT Berpeluang Pecahkan Kembali Rekor Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah

Penerapan ESG di PKT, menurut Rahmad, akan dilaksanakan dari hulu sampai hilir, termasuk dalam melakukan ekspansi ke pasar ekspor. "Jadi, prinsip-prinsip ESG akan kami terapkan bukan cuma dari sisi produksi, manajemen, operasional, dan supply chain, tapi juga dari sisi geographical expansion," tandas dia.

Rahmad Pribadi juga mengungkapkan, PKT mencetak laba bersih Rp 3,19 triliun pada kuartal I-2022, melonjak hampir empat kali lipat dibanding periode sama tahun silam. Kinerja positif tersebut tidak lepas dari penerapan strategi pertumbuhan (growth strategy) yang difokuskan pada tiga pilar utama.

Dia menjelaskan, pilar pertama adalah keunggulan operasional dan rantai pasok melalui efisiensi energi dan optimalisasi infrastruktur. Pilar kedua yaitu keunggulan diversifikasi dengan mengembangkan bisnis di sektor hilirisasi petrokimia dan energi terbarukan.

"Adapun strategi ketiga adalah keunggulan jangkauan pasar melalui peningkatan kapasitas domestik dan ekspansi di pasar global," ujar dia.

Rahmad menambahkan, ketiga strategi itu pun diterapkan PKT untuk meraih keseimbangan 3P (people, planet, profit). "Kami menyeimbangkan profitabilitas dengan upaya kami menjaga kelestarian lingkungan dan berkontribusi terhadap sosial kemasyarakatan, termasuk SDM perusahaan," papar dia.

Baca juga: Pakar UI: Indonesia Sukses Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Rahmad Pribadi optimistis kinerja bisnis PKT tahun ini terus bertumbuh, melanjutkan pertumbuhan tahun lalu. "Pencapaian kuartal I-2022 akan menjadi pijakan kami untuk menorehkan kinerja yang lebih baik dibanding 2021. Apalagi pencapaian kuartal I-2022 sudah melampaui 50% kinerja keuangan setahun penuh pada 2021," tutur dia.

Dengan pencapaian itu, PKT tahun ini berpeluang memecahkan kembali rekor tertinggi laba bersih yang pernah dicatatkan perseroan. Rekor laba bersih sebelumnya dibukukan PKT pada 2021, di mana produsen pupuk terbesar di Asean itu mencetak laba bersih sebesar Rp 6,17 triliun.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com