Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB). Foto: Perseroan.

PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB). Foto: Perseroan.

Bank Neo (BBYB) Private Placement 942 Juta Saham, Beberapa Investor Bisa Masuk

Rabu, 15 Juni 2022 | 07:41 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) mengumumkan rencana penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue sebanyak 5 miliar saham baru. Selain itu, perseroan juga berencana menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement sebanyak 942.168.184 saham.

Dalam keterbukaan informasinya, dikutip Rabu (15/6/2022), manajemen menjelaskan bahwa BBYB akan mengajukan pernyataan pendaftaran kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setelah rencana PMHMETD VI tersebut disetujui oleh para pemegang saham perseroan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), dengan ketentuan bahwa jangka waktu antara tanggal persetujuan RUPSLB sampai dengan efektifnya pernyataan pendaftaran tidak lebih dari 12 bulan, sesuai ketentuan Pasal 8 ayat (3) POJK HMETD.

Baca juga: Pendapatan Bank Neo Commerce (BBYB) Melonjak 204% 

Dana yang diperoleh dari hasil PMHMETD VI, setelah dikurangi biaya-biaya terkait PMHMETD VI akan digunakan untuk meningkatkan modal kerja dalam rangka pengembangan usaha perseroan.

Pemegang saham biasa atas nama yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD VI sesuai dengan hak memesan efek terlebih dahulu yang dimilikinya akan mengalami penurunan prosentase kepemilikan sahamnya (dilusi).

Selain itu, BBYB juga merencanakan untuk meningkatkan modal disetor dengan mengeluarkan saham dari portepel yaitu melaksanakan private placement dengan mekanisme sesuai POJK No. 14/2019.

PMTHMETD ini dapat dilaksanakan sekaligus atau bertahap dalam jangka waktu dua tahun terhitung sejak disetujui oleh RUPSLB perseroan pada hari Kamis, tanggal 21 Juli 2022.

Dana yang diperoleh dari PMTHMETD setelah dikurangi biaya-biaya, seluruhnya akan dipergunakan oleh perseroan untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan.

Perseroan berencana untuk melakukan PMTHMETD sebanyak- banyaknya 942.168.184 saham atau 10% dari modal ditempatkan dan disetor yang tercantum dalam anggaran dasar yang telah diberitahukan dan diterima menteri yang berwenang pada saat pengumuman RUPS.

Akibat penerbitan saham baru, maka jumlah saham yang dikeluarkan oleh perseroan menjadi lebih banyak. Karenanya setelah penambahan modal ditempatkan dan disetor perseroan dalam rangka pelaksanaan PMTHMETD ini efektif, persentase kepemilikan saham masing-masing pemegang saham perseroan akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar 9,09%. Akan tetapi jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham sebelum dan sesudah penerbitan saham baru tidak mengalami perubahan.

Sehubungan dengan PMTHMETD ini, saham baru perseroan akan dikeluarkan kepada satu atau beberapa investor yang bermaksud memiliki saham baru perseroan, yang pada tanggal diterbitkannya keterbukaan informasi ini belum ditentukan pihak-pihaknya sehingga belum dapat diungkapkan pada keterbukaan informasi ini.

Baca juga: Trimitra Propertindo (LAND) Targetkan Kenaikan Penjualan 50%

Sebelumnya, PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) kembali memundurkan jadwal penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue dari kuartal II menjadi kuartal IV-2022. Penundaan dipicu atas kondisi pasar saham global dan dalam negeri yang cenderung berfluktuasi dalam beberap bulan terakhir.

Bank Neo Commerce (BNC) sebelumnya telah memundurkan jadwal penawaran umum terbatas (PUT) IV tersebut dari rencana semula kuartal I-2022 menjadi kuartal II-2022 dan kembali diundur menjadi kuartal IV-2022. Aksi korporasi ini ditargetkan menggalang dana senilai Rp 5 triliun.

Berikut rincian kepemilikan saham BBYB sebelum dan sesudah private placement direalisasikan:

Sumber: Perseroan
Sumber: Perseroan

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com