Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

Waran Terstruktur Disiapkan Bagi Investor Ritel

Selasa, 21 Jun 2022 | 07:16 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera meluncurkan produk investasi structured warrant atau waran terstruktur yang dinilai dapat memberi banyak keuntungan untuk investor, khususnya investor yang ingin melakukan diversifikasi portofolio.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menjelaskan, persiapan produk waran terstruktur telah dilakukan hampir dua tahun terakhir ini.

Baca juga: Segera Meluncur, Seperti Apa Waran Terstruktur?

“Sudah lama hampir dua tahun semuanya. Dari diskusi dengan para AB (anggota bursa) karena kita make sure dulu bahwa kalau peraturannya dibuat ada pemainnya kalau engga kita nanti bikin panggung tapi ga ada yang nyanyi susah juga,” ungkap Laksono Widodo kepada Investor Daily, Senin (20/6/2022).

Advertisement

“Kita make sure dulu sudah ada pihak yang minat mengeluarkan, pihak ini juga sudah pengalaman, punya sistemnya. Setelah ini ketemu, ya baru kami bersama OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menyiapkan peraturan-peraturan terkait pengeluaran produk ini, risk management, sosialisasi, dan lain-lain,” lanjut Laksono.

Dia menekankan, sebelum mengeluarkan suatu produk, pihaknya tentu akan melalui berbagai tahapan dahulu lantaran melibatkan banyak pihak.

“Jadi mengeluarkan suatu produk itu istilahnya multi-faceted harus banyak melibatkan berbagai macam fungsi yang ada di Bursa dan tentunya koordinasi dengan OJK, in the end mereka yang akan mengeluarkan izin karena ini seperti produk ekuitas lain memerlukan izin dari OJK,” terang Laksono.

Menurutnya, produk waran terstruktur, dalam praktiknya di luar negeri, sebenarnya diperuntukkan bagi investor ritel. Namun, di Indonesia untuk tahap awal, akan diarahkan dahulun bagi investor-investor yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Berlanjut, Dirut Samudera Indonesia (SMDR) Terus Akumulasi Saham Perseroan

“Sebenarnya  di luar itu lebih kepada investor ritel karena memang menarik bisa beli saham Astra dengan bayar 5% tapi bisa menikmati keuntungan karena ada leverage-nya itu jadi keuntungannya bisa lebih berlipat dibanding dengan beli induk sahamnya sendiri. Jadi memang arahannya ke retail investor, tapi awal-awal mungkin yang lebih paham dulu investor yang sudah punya pengalaman,” imbuh Laksono.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com