Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bisnis sawit. Foto: PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS).

Bisnis sawit. Foto: PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS).

Keran Ekspor CPO Dibuka, Sawit Sumbermas Optimistis Penjualan Terdongkrak

Rabu, 22 Juni 2022 | 18:15 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menjadi salah satu dari 41 perusahaan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang sudah mendapat izin ekspor sawit dan produk turunannya dari pemerintah. Hal ini membuat perseroan optimistis penjualan ekspor dapat terdongkrak, terutama dalam memanfaatkan momen tingginya harga komoditas ini.

Sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit, Sawit Sumbermas selalu mendukung setiap kebijakan pemerintah. Perseroan tetap memaksimalkan penjualan dengan menyalurkan sebagian besar CPO ke PT Citra Borneo Utama (CBU).

Hingga saat ini, sebesar 70% kebutuhkan CPO pabrik CBU dipasok dari Sawit Sumbermas, sedangkan sisanya pihak lain. Selama ini, CPO perseroan yang dijual ke PT CBU diolah menjadi produk turunan CPO. Dengan begitu, ketika ekspor produk turunan sawit dibuka, perseroan optimistis dengan kinerja operasional dan finansial tahun ini.

Saat ini, perseroan juga menjajaki opsi penjualan kepada pembeli guna memaksimalkan penjualan, karena keran ekspor CPO sempat ditutup. Guna mempercepat target penjualan, perseroan membuka opsi meningkatkan penjualan kepada pihak ketiga untuk mengatasi penuhnya tangki penampungan CPO.

Menurut M. Syafril Harahap, direktur Sawit Sumbermas, perseroan membuka opsi penjualan lebih banyak kepada pihak ketiga untuk mempercepat penjualan dan meningkatkan profitabilitas. Sejak keran ekspor ditutup pemerintah pada Mei 2022, perseroan tetap berproduksi seperti biasa, bahkan tetap membeli buah sawit dari para petani dengan harga pasar wajar. Namun demikian, sejak 15 Juni 2022, perseroan mulai membatasi pembelian TBS dari pihak ketiga, karena tangki penyimpanan CPO dengan perhitungan tiga minggu ke depan sudah overcapacity.

“Tetapi, seluruh pabrik kelapa sawit (PKS) perseroan masih terus beroperasi memproduksi TBS inti dan membeli TBS dari petani plasma.” kata Syafril, Rabu (22/6/2022).

Syafril memperkirakan dalam waktu dekat tangki penampungan CPO perseroan kembali normal, seiring langkah memprioritaskan penjualan kepada pihak ketiga. Dengan demikian, perseroan dapat kembali membeli lebih banyak CPO dari pemasok pihak ketiga.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com