Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo Toshiba Corp. ditampilkan di atas gedung fasilitas perusahaan di Kawasaki, Jepang pada 24 Juni 2022. (FOTO: REUTERS/Issei Kato)

Logo Toshiba Corp. ditampilkan di atas gedung fasilitas perusahaan di Kawasaki, Jepang pada 24 Juni 2022. (FOTO: REUTERS/Issei Kato)

Pemegang Saham Toshiba Dukung Calon Direktur, Ekspektasi Pembelian Meningkat

Senin, 27 Juni 2022 | 18:42 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

TOKYO, investor.id – Para pemegang saham Toshiba Corp. diharapkan dapat mendukung semua direktur yang diusulkan, termasuk dua dari investor hedge fund, pada Selasa (28/6). Ini akan menjadi langkah yang dapat menandai persimpangan jalan bagi konglomerat Jepang berusia 146 tahun dan mempercepat pembelian potensial.

Perusahaan telah menominasikan eksekutif dari Elliott Management dan Farallon Capital Management untuk disetujui sebagai direktur luar pada rapat umum tahunannya. Ini dirancang untuk mengakhiri pertempuran jangka panjang antara perusahaan dan investor aktivis.

Advertisement

Penasihat proxy yang berpengaruh Institutional Shareholder Services Inc. (ISS) dan Glass Lewis sama-sama merekomendasikan pemungutan suara untuk penunjukan mereka.

Baca juga: Tawaran Pembelian Toshiba Naik karena Peluang Privatisasi Meningkat

Tapi proposal tersebut bukannya tanpa hambatan dan kritik. Direktur eksternal Mariko Watahiki, mantan hakim pengadilan tinggi, keberatan dengan kandidat yang diajukan oleh Elliott dan Farallon. Ia mengatakan bahwa dengan kehadiran kedua orang itu itu, dewan akan condong ke investor aktivis.

Beberapa manajer aset domestik yang memiliki saham Toshiba mengatakan kepada Reuters bahwa mereka setuju dengan pandangan Watahiki.

“Cakupan pemegang saham tersebut (Elliott dan Farallon) mungkin jauh lebih sempit daripada kami,” kata salah satunya pada Senin (27/6). Ia mengacu pada minat dana dalam mendukung pembelian melalui pendekatan strategis jangka panjang.

Namun keberatan Watahiki tidak mungkin mengumpulkan dukungan untuk menolak nominasi, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Ia berbicara dengan syarat anonim karena masalah tersebut bersifat pribadi.

Nominasi dewan adalah di antara tanda-tanda bahwa Toshiba, yang telah menjajaki opsi strategis setelah pemegang saham menolak rencana restrukturisasi, menjadi lebih menerima gagasan untuk diambil alih, kata pemegang saham hedge fund.

Toshiba mengatakan bulan ini telah menerima delapan proposal pembelian awal serta dua proposal untuk aliansi modal yang akan membuatnya tetap menjadi perusahaan terdaftar.

Baca juga: Tiongkok Tingkatkan Tata Kelola Anti Monopoli, Usulkan Aturan Baru

Reuters melaporkan bahwa para penawar sedang mempertimbangkan untuk menawarkan hingga 7.000 yen (US$ 51,84) per saham untuk menjadikan Toshiba perusahaan privat, dengan nilai kesepakatan hingga US$ 22 miliar, meskipun kisaran harganya luas dan berbagai persyaratan telah dilampirkan.

Saham Toshiba ditutup pada 5.707 yen pada perdagangan Senin, membuat valuasi pasar US$ 18 miliar atau naik 21% sejak awal tahun.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

BAGIKAN