Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Pan Brothers Tbk. Foto: Perseroan.

PT Pan Brothers Tbk. Foto: Perseroan.

Begini Kiat Pan Brothers (PBRX) Dongkrak Penjualan

Senin, 27 Juni 2022 | 21:38 WIB
Ghafur Fadillah (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Pan Brothers Tbk (PBRX) mengincar kenaikan penjualan sebanyak 10% pada tahun ini menjadi sekitar US$ 758,3 juta dibanding tahun lalu US$ 689,4 juta. Selain itu, perseroan memutuskan tidak membagikan dividen untuk restrukturisasi utang.

Direktur Keuangan Pan Brothers Fitri Ratnasari Hartono menjelaskan, pada tahun ini perseroan akan fokus dalam otomatisasi dan digitalisasi operasional agar lebih efisien. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan output produksi perseroan sebanyak 10% pada tahun ini.

Advertisement

Baca juga: Pengadilan Singapura Kabulkan Restrukturisasi Pan Brothers (PBRX)

“Hal itu akan kami lakukan dengan pemutakhiran mesin-mesin pabrik. Sumber dana akan berasal dari belanja modal (capital expenditure/capex) pada tahun ini yakni US$ 5 juta,” jelas dia dalam paparan publik, Senin (27/6/2022).

Fitri menerangkan, pemutakhiran operasional pabrik itu telah dilakukan perseroan sejak tahun lalu. Sehingga pada tahun ini capex akan digunakan oleh perseroan untuk melengkapi program yang telah berjalan. “Sejauh ini dari belanja modal yang kami anggarkan belum terpakai seluruhnya, belum sampai US$ 1 juta,” ungkap dia.

Sepanjang 2021, total penjualan produk perseroan mencapai US$ 689,44 juta yang didominasi oleh penjualan ekspor ke Amerika Serikat sebesar US$ 157,7 juta, Eropa US$ 84,7 juta, Asia US$ 430 juta, dan lainnya US$ 16 juta. Adapun secara segmen, produk pakaian mendominasi dengan menyumbang 96,9%, serta produk tekstil dan lain-lain sebanyak 2,7%.

Baca juga: Chemstar Indonesia (CHEM) Tawarkan Harga IPO Rp 150-190 Per Saham

“Dengan berbagai target tersebut, perseroan mengincar penjualan kembali naik 10% dari 2021. Kemudian, dengan efisiensi otomatisasi dan digitalisasi yang dilakukan nanti, kami berharap laba bisa kembali naik pada tahun sebelum pandemi,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, perseroan juga memutuskan untuk tidak membagikan dividen pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). “Laba 2021 diputuskan untuk ditahan dan akan digunakan untuk merestrukturisasi utang sindikasi selama 2 tahun, obligasi selama 4 tahun, dan bilateral LC diperpanjang 3 tahun,” ujar dia.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN