Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu RS Hermina. Foto: BeritasatuPhoto/IST

Salah satu RS Hermina. Foto: BeritasatuPhoto/IST

Biayai Ekspansi, Hermina (HEAL) Rilis Obligasi Rp 553 Miliar

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:18 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) berencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2022 sebanyak Rp 553 miliar dengan harga penawaran 100% dari nilai nominal obligasi. Aksi penggalangan dana tersebut bertujuan untuk ekspansi kapasitas rumah sakit.

Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari penawaran umum Obligasi Berkelanjutan I perseroan dengan total dana yang dihimpun sebesar Rp 1 triliun.

Advertisement

Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategik Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja menyampaikan, penawaran obligasi ini akan dijamin secara penuh (full commitment) dengan jumlah pokok sebesar Rp 100 miliar melalui pilihan dua seri. Untuk jumlah Obligasi Seri A, perseroan menawarkan sebesar Rp 37 miliar dengan tingkat bunga 6,25% per tahun dalam jangka waktu tiga tahun. Sedangkan Seri B ditawarkan senilai Rp 63 miliar dengan tingkat bunga 6,75% per tahun dalam jangka waktu lima tahun.

Baca juga: Astra (ASII) Kini Kuasai 5,43% Saham Hermina (HEAL)

Adapun sisa penawaran jumlah pokok obligasi sebanyak Rp 453,5 miliar akan perseroan jamin secara kesanggupan terbaik (best effort). "Bila jumlah dalam penjaminan best effort tidak terjual sebagian atau seluruhnya, sisa yang tidak terjual bukan menjadi kewajiban perseroan untuk menerbitkan obligasi tersebut," papar Aristo dalam prospektus, Selasa (28/6/2022).

Rencananya, sebanyak 40% dari hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit yang tidak terbatas hanya pada pembelian lahan. Sejauh ini, Medikaloka Hermina masih dalam tahap identifikasi lahan sehingga pihak penjual dan nilai pembelian belum dapat ditetapkan.

Selanjutnya, sebanyak 25% dana hasil obligasi akan dimanfaatkan untuk membeli peralatan umum dan medis. Sisa dana akan dipakai sebagai modal kerja, di antaranya untuk pembayaran gaji karyawan, utang usaha, pembiayaan kegiatan operasional rumah sakit, dan lain-lain.

Untuk penggunaan modal kerja anak usaha, emiten dengan kode saham HEAL ini bakal mengucurkan melalui pinjaman pemegang saham (shareholder’s loan) dengan tingkat suku bunga sebesar 12,5% per tahun dan tenor 1 tahun, yang dapat dilunasi sewaktu waktu sebelum jatuh tempo.

Baca juga: Dukung Peningkatan Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat, Lippo Group Komitmen Ekspansi Siloam (SILO)

HEAL berencana melangsungkan penawaran umum obligasi pada 8-11 Juli 2022. Kemudian, tanggal penjatahan diperkirakan pada 12 Juli 2022, distribusi obligasi secara elektronik dan pengembalian uang pemesanan dilaksanakan pada 14 Juli 2022, dan pencatatan di BEI pada 15 Juli 2022.

Dalam aksi korporasi ini, HEAL menunjuk PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Maybank Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. Sedangkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dipercaya sebagai wali amanat.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN