Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi. ( Foto: Istimewa )

Ilustrasi investasi. ( Foto: Istimewa )

Ini Dia 10 Dampak Positif dan Negatif dari Modernisasi Investasi

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:46 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Modernisasi adalah proses perubahan untuk menjadi lebih maju dari sebelumnya. Dalam bidang investasi, modernisasi juga memberi dampak cukup besar untuk menjadikan keseluruhan aktivitas tersebut lebih efektif dan efisien.

Dari sekian banyak ciri modernisasi dalam bidang investasi, salah satu yang paling kentara adalah muncul banyaknya berbagai layanan investasi berbasis aplikasi. Diketahui, Indonesia memiliki dua jenis layanan online yang mulai populer di kalangan masyarakat yakni e-commerce dan fintech.

Baca juga: Gandeng Vokasi UI, BNI Sekuritas Bersama BNI Group Gencar Edukasi Investasi Sejak Dini

Selain fintech yang dikenal sebagai aplikasi pembayaran, terdapat juga fintech yang bergerak di bidang investasi online. Begitu juga dengan e-commerce, meski awalnya hanya sebagai aplikasi jual beli barang, tetapi investasi juga bisa dilakukan pada aplikasi tersebut.

Dikutip dari Pintu Academy, berikut ini ada beberapa dampak positif modernisasi yang terjadi di bidang investasi yang bisa dirasakan masyarakat. Yakni, kemudahan melakukan aktivitas investasi, mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, lapangan kerja baru, akses yang lebih luas ke teknologi, meningkatkan penetrasi investasi, akses terbuka mengenai informasi investasi, dan kemudahan memperluas koneksi.

Baca juga: Ekonomi RI Resilient, Asing Antusias Investasi

Di sisi lain, meski menawarkan banyak hal positif, modernisasi di bidang investasi juga bisa memberikan beberapa dampak negatif. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, risiko kerugian, arus FOMO, dan permainan harga pasar.

Nah, itu dia dampak positif dan dampak negatif modernisasi di bidang investasi. Selama disikapi dengan baik, tentunya modernisasi akan sangat bermanfaat bagi investor maupun perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Salah satunya adalah dengan terus mengembangkan pengetahuan tentang instrumen investasi terbaru, salah satunya kripto.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com