Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tol MBZ bagian ruas Tol Jakarta-Cikampek. (Foto ilustrasi: Ist)

Tol MBZ bagian ruas Tol Jakarta-Cikampek. (Foto ilustrasi: Ist)

Tok, Jasa Marga (JSMR) Spin-off Divisi Regional Tol Transjawa

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:04 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Jasa Marga Tbk (JSMR) telah menandatangani akta pemisahan Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad oleh Jasa Marga kepada PT Jasamarga Transjawa Tol pada 1 Juli 2022.

Sehingga, JSMR telah melakukan pemisahan Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad, yang telah berlaku efektif pada tanggal 1 Juli 2022.

Baca juga: Jasa Marga (JSMR) Divestasi 40% Saham Tol MBZ ke Anak Usaha Nusantara Infrastructure (META)

Dalam keterbukaan informasi dijelaskan, berdasarkan akta pemisahan, perseroan telah melakukan pemisahan Divisi Regional Jasamarga Trans Jawa Tollroad, yang terdiri atas empat segmen operasi jalan tol perseroan di mana sebelum pemisahan JSMR secara langsung memegang konsesi atas jalan tol tersebut, yaitu ruas Jakarta-Cikampek, ruas Palimanan-Kanci, ruas Semarang ABC, dan ruas Surabaya-Gempol.

Selain itu, kepemilikan sahamnya di sembilan perseroan terbatas yang merupakan badan usaha jalan tol transjawa, yaitu PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Trans Marga Jateng (TMJ), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP), PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), dan PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM).

Pemisahan Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad itu dilakukan ke dalam perusahaan terkendali perseroan, yaitu PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT).

Corporate Secretary Jasa Marga Nixon Sitorus menjelaskan, transaksi ini tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kondisi keuangan JSMR karena JTT selaku perusahaan penerima pemisahan adalah anak perusahaan terkendali yang 99% atau lebih sahamnya dimiliki oleh perseroan.

“Oleh karena itu, laporan keuangan JTT akan tetap dikonsolidasikan ke dalam perseroan,” ungkap Nixon dalam keterbukaan informasi dikutip Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Pelita Samudera (PSSI) Divestasi Satu Fasilitas Muatan Apung

Dia menambahkan, Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad mempunyai panjang tol beroperasi 676 km, terpanjang dibandingkan dengan Divisi Jabodetabek Jabar (Metropolitan) sepanjang 314 km dan Divisi Regional Nusantara sepanjang 181 km. Mempunyai potensi pertumbuhan trafik tertinggi. Sebagian besar dimiliki oleh anak perusahaan perseroan sehingga relatif mudah untuk equity fundraising.

“Dengan dilakukannya pemisahan, JTT selaku perusahaan penerima pemisahan dapat lebih kompetitif dan fleksibel dalam mengambil keputusan bisnis guna menghasilkan nilai tambah bagi perseroan,” imbuh dia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com