Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Martina Berto Gandeng Dosni Roha

Martina Berto Gandeng Dosni Roha

Martina Berto Gandeng Dosni Roha, Incar Potensi Bisnis Rp 135 Miliar

Kamis, 7 Juli 2022 | 17:37 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Martina Berto Tbk (MBTO) menjalin kerja sama distribusi dengan PT Dos Ni Roha (DNR), anak usaha dari PT Dosni Roha Indonesia Tbk (ZBRA). Melalui kerja sama ini, kedua perusahaan membidik potensi bisnis Rp 135 miliar pada tahun pertama. 

Direktur Utama Martina Berto Bryan Tilaar menjelaskan, perseroan optimistis kerja sama ini dapat  membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis di general trade secara berkelanjutan setiap tahunnya. “Dengan pengalaman distribusi selama 59 tahun serta dukungan sistem teknologi dan infrastruktur yang dimiliki Dos Ni Roha, produk-produk Martina Berto bisa terdistribusi dengan lebih luas dan merata, serta dapat sampai ke end-user di tingkatan bawah secara masif,” jelasnya dalam konferensi pers, (7/7/22).

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar menambahkan, dengan selling point, kapabilitas serta pengalaman puluhan tahun yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, sinergi ini dapat berjalan dengan baik. “Khususnya dalam memanfaatkan peluang pasar dan menjawab tantangan landscape bisnis distribusi yang dinamis seiring dengan perubahan perilaku pelanggan dan perubahan teknologi,” ujarnya.

Dalam kerja sama ini, beberapa produk unggulan dari Martina Berto antara lain Sariayu Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar dan Rudy Hadisuwarno Cosmetics, akan didistribusikan oleh DNR. DNR memiliki jaringan distribusinya yang meliputi 112 titik distribusi dengan potensi jumlah outlet lebih dari 400.000 yang tersebar di 463 kota di seluruh Indonesia. Martina Berto menargetkan pertumbuhan distribusi produknya di general trade hingga 65% secara rata-rata di semester II tahun 2022.

Kesepakatan kerja sama ini dikukuhkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh masing-masing pimpinan perusahaan, yaitu Gary Tanoesoedibjo selaku kuasa dari Rudijanto Tanoesoedibjo, Direktur Utama PT Dos Ni Roha, yang juga merupakan Direktur PT Dosni Roha Indonesia Tbk sekaligus Komisaris PT Dos Ni Roha, dan Bryan Tilaar selaku Direktur Utama PT Martina Berto Tbk, dengan turut disaksikan oleh Kilala Tilaar, CEO Martha Tilaar Group.

Sedangkan Direktur Dosni Roha Indonesia, Gary Tanoesoedibjo mengungkapkan, kerja sama dengan Martina Berto akan menjadi sinergi yang kuat. Saat ini, layanan distribusi DNR telah dilengkapi dengan sistem manajemen supply chain, inventory control dan data penjualan yang terintegrasi sehingga dapat mengoptimalisasi proses distribusi. 

Dos Ni Roha sendiri akan mendukung Martina Berto dengan retail distribution channel 400.000 lebih jaringan outlet di seluruh Indonesia. Dengan demikian, Dos Ni Roha mampu mendistribusikan dan memasarkan produk-produk Martina Berto tepat sasaran. “Kerja sama ini juga pastinya dapat menjadi nilai tambah bisnis yang dimiliki oleh PT Dos Ni Roha, terkhusus dalam hal penambahan portofolio,” kata dia.

Sebelumnya, pada tahun ini ZBRA mengincar pertumbuhan keberlanjutan dengan menjadi perusahaan distribusi dengan ekosistem terlengkap di Indonesia. Untuk memuluskan strategi tersebut, perseroan siapkan belanja modal atau capital expenditure/capex sebanyak Rp 300 miliar.

Direktur Utama Dosni Roha Indonesia Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo menjelaskan, untuk mengejar target tersebut perseroan melakukan transformasi menjadi perusahaan distribusi yang menyediakan berbagai kebutuhan dari mulai dari raw material hingga logistik, dan supply chain.

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN