Menu
Sign in
@ Contact
Search
TP Rachmat. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

TP Rachmat. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Adi Sarana (ASSA) Milik TP Rachmat Bentuk Perusahaan Kargo

Senin, 18 Juli 2022 | 09:22 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Emiten jasa transportasi milik TP Rachmat, PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), membentuk perusahaan kargo bernama PT Kargo Bersama Teknologi pada 13 Juli 2022. Perseroan menggandeng PT Adi Sarana Investindo (ASI) yang merupakan entitas usaha langsung ASSA dalam pendirian perusahaan baru tersebut.

"Perseroan dan ASI secara bersama-sama telah mendirikan PT Kargo Bersama Teknologi (KBT) , dengan setora modal sebesar Rp 20 miliar. Sebanyak 19,99 miliar setoran modal berasal dari ASSA dan Rp 1 juta dari ASI," kata Corporate Secretary Adi Sarana Armada Jerry Fandy Tunjungan dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Resmi Listing di BEI, Saham Dewi Shri (DEWI) Melesat 35%

Dengan demikian, lanjut dia, Adi Sarana Armada menguasai 99,99% saham KBT. Sementara, Adi Sarana Investindo memiliki 0,01% saham perusahaan baru tersebut.

Jerry mengungkapkan, setoran modal ASSA ke KBT dialokasikan dari dana internal perseroan. "Dengan pembentukan usaha baru ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, karena pengembangan usaha ini sejalan dengan usaha utama perseroan," tutur dia.

Baca juga: Begini Gebrakan Kalbe Farma (KLBF) di Bisnis Logistik

Jerry memaparkan, pembentukan KBT merupakan transaksi afiliasi, mengingat ASI merupakan entitas anak langsung dari Adi Sarana Armada dengan kepemilikan saham sebanyak 99,99%. Selain itu, ada kesamaan anggota manajemen di ASSA dan ASI, yakni Tjoeng Suyanto menjabat sebagai direktur perseroan sekaligus direktur di ASI. Jany Candra menjabat sebagai direktur ASSA sekaligus komisaris ASI, serta Erida menjabat sebagai presiden komisaris perseroan sekaligus komisaris utama di ASI.

"Transaksi afiliasi ini tidak memiliki benturan kepentingan sebagaimana didefinisikan dalam POJK 42 Tahun 2020, sehingga tidak memerlukan persetujuan pemegang saham independen dalam Rapat Umum Pemegang Saham," ujar Jerry.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com