Menu
Sign in
@ Contact
Search
BRI menerapkan hybrid bank untuk melayani nasabah yang heterogen, Foto: perseroan

BRI menerapkan hybrid bank untuk melayani nasabah yang heterogen, Foto: perseroan

Porsi Kepemilikan Saham DIM Oleh BRI (BBRI) Bertambah Jadi 65% 

Kamis, 21 Jul 2022 | 12:20 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau BRI mengakuisisi 9 juta lembar atau 30% saham PT Danareksa (Persero) di PT Danareksa Investment Management (DIM). Nilai transaksi atas pengambilalihan saham itu sebesar Rp 360 miliar.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menyampaikan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat atas pembelian saham itu berlangsung Selasa (19/7/2022).

"Setelah pengalihan obyek transaksi afiliasi, perseroan akan memiliki 19.500.000 lembar saham DIM, yang setara dengan 65% dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh DIM. Dengan demikian, pengalihan obyek transaksi afiliasi akan menyebabkan pengambilalihan atas DIM,” katanya dalam keterbukaan informasi BEI dikutip Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Saham BBRI Jadi Pilihan Teratas di Sektor Bank

Sebelum transaksi berlangsung, porsi saham Danareksa 65% dari modal disetor dan modal ditempatkan DIM sebesar Rp 30 miliar dan BRI  hanya 35%. Modal dasar DIM tercatat Rp 120 miliar.

Advertisement

BRI dan Danareksa terafiliasi karena sahamya dimiliki pemerintah masing-masing 53,19% dan 100%.

Adapun, bagi BRI, penyertaan pada lembaga keuangan non-bank merupakan bagian dari strategi pertumbuhan non organik perseroan yang telah ditetapkan dalam rencana bisnis perseroan 2022-2024.

Baca juga: Tangguh di UMKM, BRI (BBRI) Jauh dari Episentrum Krisis Ekonomi GlobalDalam rangka mencapai visi perseroan menjadi “The Most Valuable Bank di Asia Tenggara dan Champion of Financial Inclusion”, BRI berencana menjadi perusahaan jasa keuangan terintegrasi dengan salah satu upayanya adalah optimalisasi jasa manajemen investasi pada ekosistem perseroan melalui DIM.

Industri manajer investasi di Indonesia diproyeksikan akan terus bertumbuh selama 5 tahun ke depan. Selain itu, tingkat pertumbuhan dana kelolaan (AUM) DIM lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pasar. Ke depannya, pengembangan DIM akan lebih difokuskan pada segmen ritel dengan menyediakan solusi jasa keuangan yang lengkap bagi nasabah Grup BRI.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com