Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Foto: Perseroan)

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Foto: Perseroan)

Kian Populer, Penjualan Merchant GoFood Vietnam Melesat hingga 3 Kali Lipat

Kamis, 28 Juli 2022 | 13:22 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id -  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui Gojek Vietnam mencatatkan pertumbuhan pesat rata-rata penjualan mitra (merchant) GoFood di Vietnam hampir tiga kali lipat pada semester I-2022, dibandingkan periode sama tahun lalu.

Lonjakan tersebut sejalan dengan peningkatan pemesanan (order) merchant GoFood di negara tersebut sampai 72%. Kenaikan penjualan merchants GoFood tertinggi terjadi di kota Hanoi dengan peningkatan hampir lima kali lipat dan di Ho Chi Mint lebih dari dua kali lipat.

Pertumbuhan order didukung peningkatan jumlah pengguna GoFood sebanyak 66% pada semester I-2022. Salah satu pendorong peningkatan pengguna berasal dari penambahan pengguna baru sebanyak 35%. Penambahan pengguna baru terbanyak di kota Hanoi dan Ho Chi Minh.

Baca juga: Gojek Bantu Puluhan Ribu Mitra GoFood Perluas Akses Pasar

“Lonjakan pengguna baru tersebut mengindikasikan bahwa GoFood kian pupolar di kota besar Vietnam,” terang Head of Merchants Gojek Vietnam Dung Le melalui keterangan resmi yang diterima, Kamis (28/7).

Tidak hanya itu, Dung Le mengatakan, rata-rata nilai transaksi GoFood bertumbuh 23% sepanjang paruh pertama tahun ini, dibandingkan tahun lalu. Meskipun sebagian besar nilai barang yang dijual merchants GoFoo relatif tidak mengalami kenaikan harga.

“Pertumbuhan pesat penjualan merchants GoFood menunjukkan ekonomi Vietnam sudah pulih, khususnya kota besar seperti Hanoi dan Ho Chi Minh. Kini, banyak masyarkaat memanfaatkan pemesanan secara online untuk kebutuhan sehari-hari. GoFood menjadi perusahaan yang paling diuntungkan atas perubahan tersebut,” terangnya.

Sementara itu, pemilik PaPa Chicken-Ga Ran-Com Ga Nguyen Huu Hai mengatakan, PaPa Chicken awalnya hanya memiliki satu outlet saat memulai bisnis bekerja sama dengan GoFood tahun 2019. Namun dalam tiga tahun, jumlah PaPa Chicken telah bertambah menjadi 28 outlet yang tersebar di Vietnam. “Kini, kami memilliki 4 outlet di Ho Chi Mint dan 24 outlet di Hanoi,” terangnya.

Seiring dengan penambahan outlet, dia mengatakan, pendapatan meningkat hampir 20 kali lipat pada kuartal I-2022, dibandingkan akhir kuartal 2021. “Kemitraan dengan Gojek membawa banyak keuntungna bagi kami, seperti efektivitas manajemen bisnis, promosi, dan kemampuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, terangnya.

Jumlah Merchants

Gojek mencatatkan penambahan jumlah merchant GoFood di Vietnam sebanyak 83% pada semester I-2022. Pertumbuhan merchants baru pada Juni 2022 saja mencapai 21%, dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca juga: Gojek Luncurkan Program Jaminan Penjemputan Tepat Waktu

Gojek Vietnam tengah genjar mendorong para pedagang untuk bergerbabung melalui platform GoFood mulai dari pedagang kecil kelas UMKM hingga pedagang besar yang sudah memiliki jaringan outlet yang tersebar di berbagai daerah.

Guna mendongkrak jumlah merchant, Dung LE mengatakan, Gojek menggratiskan pendafataran ke platform GoFood dan mempermudah mekanisme. Gojek juga memperkenalkan aplikasi GoBizz, yaitu platform manajemen pemesanan, pemabayaran, laporan penjualan, hingga promosi. Kini, lebih dari 90% merchants GoFood telah memanfaatkan GoBiz.

“Gojek akan terus mengembangkan solusi komprehensif untuk membantu merchant dalam pengembangan bisnis dan pendapatan. Kami berkomitmen penuh untuk hadir bersama dengan para pedagang dan terus meningkatkan layanan untuk semua pengguna di ekosistem Gojek,” terangnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com