Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kegiatan Bumi Resources. Foto: Investor Daily/DAVID GITA ROSA

Kegiatan Bumi Resources. Foto: Investor Daily/DAVID GITA ROSA

Mohon Maaf, Bumi Resources (BUMI) Tak Bagikan Dividen

Jumat, 29 Juli 2022 | 17:51 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tak membagikan dividen untuk tahun buku 2021. Hal tersebut menjadi salah satu keputusan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan yang digelar pada Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Astra (ASII) & Toyota Bentuk Perusahaan Penyewaan Kendaraan Komersial, Janjikan Pelayanan Komplit

Terkait pembahasan dividen ini termasuk dalam mata acara kedua dalam RUPS. Dan, usulan yang diajukan dengan tidak adanya pembagian dividen disetujui oleh pemegang saham.

“Dengan perhitungan yang telah dilakukan oleh notaris, maka rapat telah menyetujui mata acara kedua rapat sehingga menjadi keputusan yang sah dan mengikat,” ungkap Direktur BUMI Sri Dharmayanti dalam RUPS perseroan, Jumat (29/7/2022).

Dia menjelaskan, perseroan membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada 2021 sebesar US$ 168 juta. Namun, dengan mempertimbangkan kondisi perseroan saat ini yang masih fokus kepada pembayaran utang, memerlukan modal kerja untuk menjalankan bisnis, dan kondisi saldo laba yang masih defisit, maka perseroan tidak dapat membagikan dividen. Adapun pada 2021, BUMI mencatatkan pendapatan US$ 1 miliar dan laba komprehensif US$ 223,4 juta.

Baca juga: Fokus pada Transaction & Green Banking, Laba BNI Semester I-2022 Tumbuh 75,1%

“Oleh karenanya, perseroan mengusulkan kepada rapat untuk menetapkan bahwa sesuai dengan kondisi tersebut, maka untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 ini, perseroan  tidak dapat membagikan dividen kepada seluruh pemegang saham perseroan,” terang Sri.

RUPS juga menyetujui laporan pertanggungjawaban direksi atas jalannya perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021 pada mata acara pertama.

Selain itu, untuk mata acara ketiga, RUPS menyetujui penunjukkan akuntan publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

Pada mata acara keempat, RUPS BUMI menyetujui perubahan dan/atau penetapan kembali susuna direksi dan dewan komisaris perseroan.

Pada mata acara kelima, RUPS menyetujui penegasan kembali atas pemberian kewenangan kepada dewan komisaris dan direksi perseroan untuk menerbitkan saham-saham baru sehubungan dengan konversi obligasi wajib konversi (OWK) yang diterbitkan oleh perseroan, sebagaimana telah mendapatkan persetujuan oleh rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada tanggal 7 Februari 2017 dan tanggal 14 Januari 2022.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com