Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Metanesia, dunia metaverse dari Telkom. Sumber: Metanesia.

Ilustrasi Metanesia, dunia metaverse dari Telkom. Sumber: Metanesia.

Mantap! Telkom (TLKM) Kembangkan Metanesia, Dunia Metaverse Serba Bisa

Senin, 1 Aug 2022 | 13:14 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) akhirnya meluncurkan Metanesia, konsep dunia virtual menarik yang membawa metaverse  lebih dikenal ke masyarakat Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Metanesia merupakan sebuah ekosistem baru dari PT Telkom Indonesia sebagai bentuk komitmen dalam mendukung akselerasi digitalisasi Indonesia. Erick menyebut Metanesia ini menjangkau banyak sektor dengan digital.

Menurutnya, kehadiran Metanesia merupakan langkah konkret BUMN dalam mengakselerasi ekosistem digital yang terintegrasi. Erick menilai hal ini juga sebagai bentuk adaptasi Telkom terhadap perubahan zaman.

Baca juga: Masih Suasana Ultah, Telkom (TLKM) Mantap di Tiga Besar Market Cap

Advertisement

"Jangan sampai nanti negara-negara lain sudah membuat dunia baru dengan sistem pembayaran sendiri, market-nya tetap di Indonesia, lalu baru kita menyesal. Kita harus menyeimbangkan perubahan dari ekosistem ini, salah satunya Metanesia untuk melihat bagaimana demografi kita yang semakin muda dan cara kehidupan mereka berbeda, kita harus lakukan adaptasi ini," ujar Erick saat meluncurkan Metanesia dalam acara perayaan hari ulang tahun Telkom ke-57 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (31/7/2022) malam.

Mantan Presiden Inter Milan tersebut menilai Metanesia menjadi sinergi kekuatan yang ada di BUMN, UMKM, dan swasta dalam membangun dunia baru yang tetap saling  menguntungkan. Erick ingin kehadiran dunia baru ini menjadi peluang bagi UMKM naik kelas.

"Jangan sampai dengan dunia baru ini UMKM dihapuskan karena fondasi bangsa kita jelas ekonomi kerakyatan, dunia baru ini justru mempermudah akses pasar dan pendampingan UMKM agar bisa menjadi kekuatan di dunia baru," ucapnya.

Baca juga: Semester I, Telkom (TLKM) Raup Laba Bersih Rp 13,3 Triliun

Dengan kerja sama dan kolaborasi banyak pihak, Erick menilai Indonesia mampu membantu UMKM. Ia mencontohkan Sarinah, dengan kurasi yang ketat, kini produk-produk UMKM bisa tampil dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing.

"Sekarang Sarinah luar biasa, pengunjungnya dalam empat bulan sudah mencapai lima juta orang, apalagi Metanesia, satu bulan bisa 20 juta pengunjung, asal produk-produknya unik," lanjut Erick.

Sementara itu, Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, Metanesia merupakan ekosistem metaverse pertama di Indonesia dari Leap Telkom Digital untuk mengakselerasi digitalisasi nasional.

Ia menyebut metaverse sebagai dunia tanpa sekat yang mana siapa saja dapat mencari peluang dalam dunia baru tersebut. Metanesia juga hadir untuk seluruh kalangan karena pengguna dapat mengakses dari device mobile, PC, hingga immersed reality melalui perangkat VR, Occulus. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses fitur ekstra dengan menggunakan advance device seperti berkendara menggunakan driving force steering wheels.

Baca juga: Telkom Akan Hadirkan Metaverse Mall di Digiland 2022

“Metanesia berkomitmen berperan aktif dalam memajukan industri digital dan transformasi digital gaya hidup masyarakat. Sehingga kita dapat menjadi leading digital society di Asia Tenggara. Mari dukung digitalisasi Indonesia dan rasakan pengalaman baru dengan menjelajah di Telkom Metaverse,” tutur Fajrin.

Metanesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman baru dalam memperkenalkan produk ke dunia digital. Masyarakat sudah bisa mengunjungi dunia Metanesia melalui berbagai perangkat. Aplikasi Metanesia sudah tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan perangkat mobile Android serta iOS.

Sejauh ini ada tiga produk Metanesia, yaitu Metanesia Land, metaNesia Concert dan Metanesia Mall. Metanesia bisa jadi platform interaksi virtual sebagai media experience baru, di mana pengguna dapat saling terhubung, berkolaborasi, dan bertransaksi dengan lingkungan digital yang mendukung. Layaknya dunia sungguhan, Metanesia memiliki beragam environment yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com