Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir. (Foto: Primus Dorimulu)

Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir. (Foto: Primus Dorimulu)

Adaro Energy (ADRO) Bangun Pusat Persemaian di Banjarbaru, Kalsel

Kamis, 4 Agustus 2022 | 14:12 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) meraih kepercayaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk membangun dan mengelola satu dari 30 Pusat Persemaian. Pusat Persemaian ini disiapkan sebagai penyuplai bibit untuk rehabilitasi lahan dan pemulihan lingkungan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

Presiden Direktur ADRO Garibaldi Thohir mengatakan, perseroan akan membangun Pusat Persemaian di Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan kapasitas 10 juta hingga 12 juta ton bibit per tahun.

Boy biasa ia disapa menuturkan bahwa luas lahan kristis di Indonesia memerlukan pemulihan sesegera mungkin. Hal itu juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan pembangunan 30 pusat pembibitan untuk menghasilkan jutaan bibit yang akan didistribusikan ke lahan-lahan kritis di seluruh Indonesia.

“Untuk itu, berbekal pengalaman kami dalam melakukan rehabilitasi, serta pengelolaan lahan bekas tambang dan lahan kritis maupun rehabilitasi daerah aliran sungai, kegiatan ini akan memberi manfaat yang luas bagi Kalimantan Selatan dan bumi Indonesia tercinta,” katanya dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Pembangunan Pusat Persemaian di Liang Anggang, Banjarbaru, Kalsel, dikutip Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Naik, Segini Produksi Batu Bara Adaro Energy (ADRO)

Boy menambahkan, dalam menjalankan operasional, Adaro juga mengembangkan Pusat Persemaian di areal tambang seluas 2 hektare. Pusat Persemaian milik Adaro ini bahkan telah berhasil menghasilkan bibit-bibit tanaman berkualitas yang sebagian besar digunakan untuk reklamasi, serta mendukung program penghijauan di Kalsel. Seperti diketahui, perseroan memiliki lahan pertambangan di provinsi tersebut.

Selain itu, Adaro juga telah berhasil melakukan upaya rehabilitasi lahan, diantaranya mengubah sebagian besar bekas tambang Paringin  menjadi hutan kembali dan mengembalikan keanekaragaman hayati di wilayah tersebut. Bahkan hutan bekas tambang Paringin ini pernah dijadikan sebagai pusat pramuka.

Hal ini membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan tambang jika manajemennya bertanggung jawab dan melakukan best mining practice, maka bisa memulihkan lahan-lahan bekas tambang. “Bahkan Bekantan juga bisa berkembang biak dengan baik didaerah yang kita telah rehabilitasi,” katanya.

Perseroan, sambung Boy juga siap dan berkomitmen untuk mengalokasikan sumber daya yang dimiliki demi mensukseskan program diatas lahan seluas 10-15 hektare ini yang nantinya akan menghasilkan bibit multi purpose tree species untuk agroforestry dan buah-buah lokal Kalimantan.

Baca juga: Belanja Saham Bulan Agustus, ADRO, ITMG hingga ICBP Masuk Keranjang

"Harapan kami tanaman lokal Kalimantan bisa dilestarikan kembali untuk memberikan daya dukung lingkungan di lahan kritis maupun daerah yang rawan bencana tanah longsor maupun banjir, serta memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” ungkap Boy.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pun mengapresiasi terobosan yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Adaro Energy Indonesia Tbk. Pusat Persemaian ini diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan lingkungan di Kalsel seiring program revolusi hijau yang telah dicanangkan.

“Kami siap dan siap sekali untuk mendukung Pusat Persemaian di Liang Anggang, Banjarbaru untuk Kalimantan Selatan hijau.Revolusi hijau untuk Indonesia hijau,” pungkasnya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com