Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tower Sarana Menara Nusantara

Tower Sarana Menara Nusantara

Sarana Menara (TOWR) Akuisisi Aset Fiber Optik Alita Rp 801 Miliar

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:33 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Emiten infrastruktur telekomunikasi Grup Djarum, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya, PT BIT Teknologi Nusantara (BIT), memborong aset fiber optik PT Alita Praya Mitra senilai Rp 801 miliar.

"Berdasarkan perjanjian pengikatan jual beli, BIT akan membeli aset fiber optik milik Alita dengan nilai transaksi Rp 801 miliar, tunduk pada penyesuaian berdasarkan perjanjian pengikatan jual beli," kata Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Monalisa Irawan dalam keterangan resmi, Senin (8/8/2022).

Selain meneken perjanjian pengikatan jual beli aset fiber optik antara BIT selaku pembeli dan Alita sebagai penjual, dalam transaksi tersebut juga ditandatangani perjanjian jaminan perusahaan oleh anak usaha TOWR yang lain yaitu PT Iforte Solusi Infotek (Iforte). Penandatangan jaminan perusahaan ini merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat 1 huruf b angka 2 POJK 42 tentang transaksi antara sesama perusahaan terkendali yang paling sedikit 99% sahamnya dikuasai perseroan.

Baca juga: Banyak Katalis Positif, Segini Target Harga Saham Sarana Menara (TOWR)

Menurut Monalisa, Iforte akan memberikan jaminan kepada Alita atas pelaksanaan dari setiap dan semua kewajiban BIT berdasarkan perjanjian pengikatan jual beli. "Penyelesaian transaksi diharapkan terjadi di September mendatang," ujar dia.

Sehubungan dengan transaksi tersebut, TOWR memastikan transaksi jual beli aset fiber optik ini bukan merupakan transaksi benturan kepentingan sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK No. 42 Tahun 2020 tentang transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan (POJK 42). Begitu juga bukan termasuk transaksi material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan OJK No.17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha.

Tahun ini, Sarana Menara telah menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 4 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan tower, fiber optic, dan sewa lahan.

"Angka ini masih bisa berubah, mengikuti pesanan operator. Tapi tahun ini kami perkirakan akan lebih banyak membangun tower dibanding tahun lalu, karena pemulihan ekonomi dan Pemerintah juga terus mendorong pembangunan sektor telekomunikasi di pedesaan," kata Wakil Direktur Utama Sarana Menara Adam Gifari baru-baru ini.

Adam berharap, serangkaian upaya pengembangan bisnis yang dilakukan perseroan akan mampu mendongkrak pendapatan hingga 20% pada tahun ini menjadi Rp 10,5 triliun. Kenaikan pendapatan tersebut akan didorong bisnis utama, yakni tower, fiber optic, dan konektivitas. Perseroan juga sudah mengkonsolidasikan pendapatan dari perusahaan yang baru diakuisisi yakni PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR).

Baca juga: Tower Bersama (TBIG) Tawarkan Obligasi Rp 2,2 Triliun

Adam mengatakan, dalam RUPST yang digelar perseroan pada 27 Mei 2022, TOWR memutuskan akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 1,2 triliun untuk tahun buku 2021. Total dividen tersebut, termasuk dividen yang telah dibagikan sebelumnya pada bulan Desember 2021 sebesar Rp 6 per saham atau sekitar Rp 298 miliar.

“Adapun pada pembagian dividen tunai kali ini, investor akan menerima dividen sebesar Rp 18,1 per saham. Dengan begitu, dividen tunai yang akan dibagikan perseroan sekitar Rp 902 miliar,” terang dia.

Pada 2021, Sarana Menara berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 3,43 triliun. Perolehan tersebut naik 20,85% dibanding tahun sebelumnya Rp 2,84 triliun.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com