Menu
Sign in
@ Contact
Search
Nasabah menunjukkan kartu ATM di depan mesin ATM Himbara. (Foto: Investor Daily/David Gita Roza)

Nasabah menunjukkan kartu ATM di depan mesin ATM Himbara. (Foto: Investor Daily/David Gita Roza)

Bank Tumbuh Sesuai Harapan, Berikut Rekomendasi dan Target Harga Sahamnya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Saham empat emiten bank papan atas nasional masih memiliki potensi pertumbuhan kinerja keuangan lebih lanjut, seiring ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang masih baik sampai pengujung tahun ini. Sedangkan pergerakan harga saham sektor bank didukung oleh perbaikan kualitas aset dan pertumbuhan kredit yang tetap tinggi. 

Empat bank papan atas tersebut terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

CGS-CIMB Sekuritas dalam riset yang diterbitkan baru-baru ini menyebutkan bahwa empat bank papan atas di Indonesia menunjukkan rata-rata kenaikan pendapatan mencapai 9,1% pada semester I-2022. Bank Mandiri dan BRI tercatat sebagai bank dengan pertumbuhan tertinggi.

Baca juga: Bankir Harapkan Kebijakan Restrukturisasi Kredit Diperpanjang

Tidak hanya itu, CGS-CIMB Sekuritas menyebutkan, seluruh bank menunjukkan penguatan NIM bersamaan dengan penurunan biaya dana, khususnya Bank Mandiri dan BRI. Sedangkan rata-rata kenaikan PPOP perbankan nasional mencapai 13,3% pada semester I-2022. Begitu juga dengan kualitas aset perbankan menunjukkan biaya provisi turun drastis dengan rata-rata 33%.

Perbaikan sejumlah indikator berimbas terhadap rata-rata pertumbuhan laba bersih empat bank papan atas sebesar 65% pada semester I-2022. Sedangkan pertumbuhan terbesar dicatatkan BRI mencapai 98,4% yang didukung oleh konsolidasi PNM dan Pegadaian.

Dari sisi pertumbuhan kredit, BCA menjadi bank dengan kenaikan terpesat mencapai 13,8%, disusul Bank Mandiri mencapai 12,2%. Sedangkan rata-rata pertumbuhan kredit perbankan mencapai 11% pada semester I-2022. Angka ini lebih tinggi dibandingkan estimasi Bank Indonesia berkisar 9-11%.

Terkait harga saham bank, CGS-CIMB Sekuritas menyebutkan bahwa dengan fundamental sektor perbankan yang terus menguat, harga saham emiten bank saat ini masih atraktif. “Kami menyukai saham BMRI and BBNI didukung oleh pertumbuhan kredit yang tinggi, margin keuntungan yang kokoh, dan valuasi masih murah,” tulis perusahaan efek tersebut.

Rekomendasi

Sementara itu, analis RHB Sekuritas Ryan Santoso dan Andrey Wijaya mempertahankan rekomendasi beli saham BBRI dengan target harga Rp 5.500. Target tersebut merefleksikan perkiraan NIM perseroan diprediksi lebih tinggi mencapai 7,7-7,9% tahun ini dibandingkan perkiraan semula 7,6-7,8%. Sedangkan biaya kredit yang lebih rendah dari perkiraan semula.

Baca juga: Saham Bank BUMN Melesat, Bagaimana Sebenarnya Prospek Saham Bank Tahun Ini?

Tim riset RHB Sekuritas juga mempertahankan rekomendasi beli saham BBCA dengan target harga Rp 9.000. Target ini menggambarkan raihan laba sudah sesuai ekspektasi. Target ini juga menggambarkan rasio CASA perseroan yang kuat, kualitas aset perseroan yang tangguh, dan modal yang solid.

Rekomendasi beli juga diberikan untuk saham BBNI dengan target harga Rp 10.700. Rekomendasi tersebut disematkan tim riset BRI Danareksa Sekuritas. Target tersebut mengasumsikan pertumbuhan kredit mencapai 8% dan biaya kredit tetap di 230 bps. Target ini juga mempertimbangkan proyeksi laba bersih senilai Rp 16,1 triliun.

Sedangkan MNC Sekuritas memberikan rekomendasi beli saham BMRI dengan target harga direvisi naik menjadi Rp 9.300. Target harga tersebut juga mempertimbangkan potensi pertumbuhan kredit perseroan akan berada di level 12% hingga pengujung tahun ini. Revisi naik tersebut juga mengasumsikan sejumlah faktor, yaitu pertumbuhan kredit bertahan di level 12% sampai akhir tahun, proyeksi NIM berada di level 5,2%, biaya kredit (CoC) sekitar 1,5%. Katalis penguatan saham BMRI juga datang dari pesatnya penggunaan Livin’ Mandiri.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com