Menu
Sign in
@ Contact
Search
Aktivitas perkebunan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP). (Foto: JG/BeritaSatu Photo)

Aktivitas perkebunan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP). (Foto: JG/BeritaSatu Photo)

Lama Tak Terdengar, Begini Update Bisnis Sawit Grup Bakrie (UNSP)

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:02 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) memaparkan perkembangan terbaru bisnisnya di perkebunan kelapa sawit. Selama ini, pemberitaan soal emiten milik Grup Bakrie ini sudah sangat jarang.

Namun, dalam paparan itu terungkap bahwa tahun ini, Bakrie Sumatera Plantations akan memperkuat bisnis di hulu hingga hilir. Total belanja modal (capital expenditure/capex) yang dianggarkan mencapai Rp 760 miliar.

Anggaran tersebut terbagi dalam dua pos pengeluaran, yakni untuk lini bisnis hulu Rp 500 miliar dan hilir Rp 260 miliar. “Capex tahun ini lumayan besar, hulu untuk kebun, hilir untuk seperti renewable chemical,” kata Wakil Direktur Utama Bakrie Sumatera Plantations, B S Vinayak dalam paparan publik secara virtual, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Astra Agro (AALI) Tabur Rp 497 Miliar di Kebun Sawit, untuk Apa?

Dia menegaskan bahwa anggaran capex 2022 bersumber dari kas internal. Di lini bisnis hulu, emiten berkode saham UNSP ini akan melakukan penanaman kembali (replanting) di perkebunan milik perseroan.

Di lini bisnis hilir industri kelapa sawit, UNSP akan menggelontorkan dana capex untuk ekspansi produk dengan sejumlah pengembangan. Upaya ini bertujuan untuk menghadapi fluktuasi harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

“Karena kami punya industri terintegrasi sampai produk CPO, kami terus mencari produk turunan yang menghasilkan margin paling tinggi. Jadi, produk mix paling tinggi ini kami beri peringkat. Ini kan full capex jadi Rp 260 miliar untuk itu, produk yang untungnya paling tinggi,” jelas Direktur Bakrie Sumatera Plantations, Andi W Setianto.

Baca juga: Laba Perusahaan Sawit Milik TP Rachmat (TAPG) Melesat 339%

Tahun ini, UNSP menargetkan kenaikan pendapatan sebesar 15-20% secara konsolidasi dari lini bisnis hulu dan hilir. Hal ini seiring peningkatan produktivitas pada kisaran sama, yang membuat perseroan optimistis meraih pertumbuhan penjualan bersih lebih baik pada 2022.

Tahun lalu, UNSP mengantongi pendapatan bersih Rp 3,97 triliun. Jika realisasi penjualan berhasil meningkat 20%, perseroan berpotensi mencatatkan pendapatan Rp 4,76 triliun pada akhir 2022.

“Tapi semua tahu, tiga bulan terakhir (pada semester I-2022), harga CPO turun di Indonesia. Saya tidak bisa mengucapkan detail angka yang dapat kami capai hingga akhir tahun karena tergantung kondisi pasar,” tutur Vinayak.

Baca juga: Aksi Korporasi Mahkota Group (MGRO): Kuasai Pabrik Kelapa Sawit

Sementara itu, Andi menambahkan, hingga semester I-2022, UNSP diperkirakan meraih pendapatan sebesar Rp 2,3 triliun. Ia mengaku bahwa perseroan tidak khawatir terhadap fluktuasi harga produk kelapa sawit dan turunannya karena perseroan fokus pada peningkatan produktivitas.

“Kami yang penting menambahkan peningkatan produktivitas, dengan begitu pendapatan dari bisnis hulu dan hilir akan mengikuti pertumbuhan produksi. Kalau kami terus berpikir untuk meningkatkan produktivitas, kami tidak perlu takut dengan fluktuasi harga CPO,” tegas Andi.

Baca juga: Laba Tumbuh Pesat, Saham DSNG Ditargetkan Rp 1.000

Sebelumnya, dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Bakrie Sumatera Plantations, pemegang saham menyetujui perubahan susunan pengurus dari lima komisaris dan lima direktur menjadi tiga komisaris dan empat direktur.

Dengan begitu, susunan komisaris UNSP saat ini diisi oleh Nalinkant Amratlal Rathod sebagai komisaris utama, serta Anindya Novyan Bakrie dan Nengah Rama Gautama sebagai komisaris.

Selanjutnya, susunan direksi UNSP adalah Bayu Irianto sebagai direktur utama dan B S Vinayak sebagai wakil direktur utama. Keduanya didampingi oleh Andi W Setianto dan Adhika Andrayudha Bakrie sebagai direktur.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com