Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Reliance Modal Ventura (RMV). Foto ilustrasi: topiktrend.com

PT Reliance Modal Ventura (RMV). Foto ilustrasi: topiktrend.com

Apa itu Angel Investor dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:45 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Angel investor adalah salah satu jenis pendanaan yang sangat dicari oleh perusahaan kecil dan startup rintisan. Namun, sebenarnya banyak orang yang masih awam dengan metode ini.

Dikutip dari Pintu Academy, angel investor adalah individu dengan jumlah kekayaan bersih tinggi yang memberikan pendanaan kepada perusahaan rintisan, pengusaha kecil, atau startup yang menjanjikan imbalan berupa ekuitas kepemilikan atau royalti. Angel investor atau investor malaikat adalah metode pendanaan yang cenderung dipilih di tahap perkembangan kritis perusahaan, setelah dana awal hampir habis. Jenis pendanaan ini biasanya ditemukan di antara keluarga atau jejaring rekan pengusaha. Investor juga hanya mengakuisisi sekitar 25% saham perusahaan.

Dilansir dari laman US News, Paulina Likos dan Rebecca Lake menjelaskan bahwa hanya investor terakreditasi yang dapat mengambil peran sebagai angel investor. Beberapa syarat angel investor adalah sebagai berikut. Yakni, memiliki pendapatan tahunan lebih dari US$ 200.000 selama 2 tahun terakhir, memiliki total penghasilan bersama pasangan lebih dari US$ 300.000 selama 2 tahun terakhir, atau memiliki setidaknya US$ 1 juta aset yang dapat diinvestasikan (tidak termasuk aset utama).

Namun, kualifikasi tersebut telah berubah pasca disahkannya Jumpstart Our Business Startups (JOBS) Act pada tahun 2012. Brian O’Connell menerangkan bahwa kualifikasi angel investor tidak lagi terbatas pada investor terakreditasi saja. Individu dengan pendapatan di bawah batas tersebut dapat berpartisipasi sebagai angel investor melalui platform crowdfunding.

Baca juga: Duh! Venture Capital Ogah Suntik Dana Lagi, BanyakStart-up Diambang Tsunami PHK

Brian O’Connell berbagi beberapa tips cara mendapatkan angel investor, di antaranya adalah:

1. Lakukan Pendekatan Geografis

Garett Polanco, investor terakreditasi yang telah mendanai 29 perusahaan, mengatakan bahwa investor lebih suka berinvestasi di bisnis yang dekat dengan lokasi tinggal mereka. Ia menambahkan bahwa mayoritas investasi malaikat dilakukan dalam jarak 50 mil dari rumah atau kantor mereka masing-masing.

2. Menargetkan Kelompok Investor atau Asosiasi Industri

Brian merekomendasikan pebisnis baru untuk menyasar Angel Capital Association (ACA) untuk mendapatkan dana investasi. Asosiasi ini merupakan kelompok yang didukung lebih dari 14.000 investor dan beroperasi secara global di AS, Canada, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Perusahaan rintisan juga dapat mengajukan pendanaan ke Angel Messenger Forum (AMF). Kelompok investor malaikat ini bahkan mampu memberikan pembiayaan ekuitas sebesar US$ 100.000 hingga US$ 1 juta.

3. Memanfaatkan Platform Digital dan Media Sosial

Pengusaha kecil dapat mencari angel investor lewat sosial media. Brian mengatakan bahwa platform seperti LinkedIn merupakan pintu gerbang yang efektif untuk menjaring investor yang beroperasi di area sekitar.

Lebih lanjut, meski sama-sama memberikan pendanaan kepada perusahaan dengan maksud memperoleh imbalan, angel investor dan venture capital (VC) memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut beberapa perbedaan angel investor vs venture capital.

Baca juga: Mahaka Radio Targetkan Masuknya Empat Venture Capital di Noice Rampung Semester I

1. Waktu Pembiayaan

Courtney Lawless, pemodal ventura di MoxeHub yang berbasis di Philadelphia, mengungkapkan bahwa investor malaikat memberikan modal untuk perusahaan yang memiliki ide. Sementara itu, VC cenderung membiayai perusahaan ketika mereka sudah punya bukti konsep atau prototipe produk.

2. Sumber Dana

Brian mengatakan bahwa investor malaikat biasanya menginvestasikan uangnya sendiri, sedangkan VC cenderung berinvestasi dengan menggunakan uang dari pihak lain.

3. Jumlah Dana

Besar dana yang diberikan pemodal ventura lebih besar daripada investor malaikat. Menurut Brian, investor malaikat mendanai US$ 10.000-100.000 secara individu. Sementara itu, VC dapat membiayai hingga $2 juta atau lebih.

4. Keterlibatan dalam Operasional Perusahaan

Brian mengungkapkan bahwa VC cukup terlibat dalam urusan operasional perusahaan dan pengambilan kursi dewan, sedangkan investor malaikat cenderung lepas tangan dari keduanya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com