Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi NFT. (Foto: Pixabay)

Ilustrasi NFT. (Foto: Pixabay)

Ini Dia Cara Menjual NFT di OpenSea

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:41 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id -  Non-Fungible Token (NFT) mungkin menjadi salah satu tren kripto paling populer di tahun 2021. Wajar saja melihat jumlah penjualan NFT bahkan meningkat hingga 55% dibandingkan tahun 2020. Ollie Leech dari Coindesk bahkan memperkirakan jumlah penjualan NFT akan capai 5,3 juta dengan total nilai melewati US$ 1,3 miliar di akhir tahun 2021 nanti.

Untuk kamu yang tertarik mengikuti tren ini, simak lima cara membuat dan menjual NFT di marketplace berikut ini. Namun, sebelumnya, kamu harus memilih dulu marketplace NFT mana yang ingin kamu gunakan untuk berjualan. Beberapa marketplace NFT yang bisa umum digunakan adalah OpenSea, Rarible, SuperRare, Nifty Gateway, dan banyak lagi.

Berikut tutorial lengkap dikutip dari Pintu Academy cara membuat dan menjual NFT di OpenSea. Pertama, kunjungi laman OpenSea. Kedua, buat NFT. Pada bagian kanan atas halaman OpenSea, tap menu “Create” untuk membuat koleksi karya seni digitalmu. Di sini, kamu bisa mengunggah karya dengan ukuran maksimal 40 MB, menamai NFT kamu, dan menulis deskripsi singkat mengenai NFT yang ingin kamu buat.

Baca juga: OneAset Hadirkan Produk Investasi NFT

Ketiga, lengkapi Informasi NFT. Setelahnya, kamu akan diminta menambahkan keterangan lain yang lebih mendetail seperti level, statistik, harga hingga konten spesial yang hanya bisa dibuka oleh pemilik NFT tersebut. Setelah semua informasi lengkap, tap “Create”.

Masuk ke menu profil untuk melihat daftar lengkap NFT yang kamu miliki. Tap menu “Sell” pada NFT yang ingin kamu jual. Lengkapi data-data yang dibutuhkan mulai dari metode penjualan (Fixed price atau pelelangan), durasi penjualan, dan lain sebagainya. Setelah semua informasi kamu lengkapi, akan muncul pop-up “Your Item is Now Listed”.

Keempat, jual NFT kamu. Masuk ke menu profil untuk melihat daftar lengkap NFT yang kamu miliki. Tap menu “Sell” pada NFT yang ingin kamu jual. Lengkapi data-data yang dibutuhkan mulai dari metode penjualan (Fixed price atau pelelangan), durasi penjualan, dan lain sebagainya. Setelah semua informasi kamu lengkapi, akan muncul pop-up “Your Item is Now Listed”.

Baca juga: Mau Posting dan Buat IG Stories NFT di Instagram? Ini Caranya...

Kelima, lakukan transaksi. NFT kamu akan tayang di marketplace yang bisa dilihat oleh berbagai calon pembeli di seluruh dunia. Ketika kamu sudah menemukan pembeli yang bersedia membayar dengan harga yang kamu inginkan, maka transaksi jual beli bisa berlangsung dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Nah, itu dia lima cara membuat dan menjual NFT di marketplace. Tentunya tiap marketplace memiliki langkah-langkah yang berbeda satu sama lain. Namun secara umum prinsipnya tidak akan berbeda jauh seperti yang telah dibahas di atas.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com