Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi. (Foto: IST)

Ilustrasi investasi. (Foto: IST)

Apa itu Copy Trading, Fungsi, dan Cara Kerjanya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:34 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Dalam dunia trading, ada istilah copy trading. Meski copy trading adalah istilah yang sudah ada sejak 20 tahun lalu, tetapi masih banyak yang belum tahu arti dan cara kerjanya.

Istilah copy trading mulai dikenal sejak 20 tahun lalu di bidang trading forex. Dikutip dari Pintu Academy, copy trading adalah sebuah layanan yang bisa secara otomatis meng-copy posisi trading yang telah dilakukan oleh para trader ahli. Cara kerjanya dengan menautkan akun yang dimiliki dengan akun trader ahli bersangkutan.

Dengan copy trading, kamu bisa memilih trader ahli untuk dijadikan role model kemudian menyalin pergerakan trading mereka. Misalnya trader yang kamu ikuti membeli saham sejumlah 100 lembar di perusahaan tertentu. Lalu kamu juga akan membeli saham dengan jumlah yang sama pada waktu yang sama.

Baca juga: Saham Pilihan untuk Trading 19 Agustus dan Target Harganya

Dalam copy trading, kuncinya adalah memilih trader yang diikuti harus sesuai dengan tujuan investasi. Misalnya kamu berinvestasi secara konservatif, berarti bisa meniru aktivitas trader yang juga memiliki kecenderungan perdagangan konservatif. Copy trading sendiri bisa dilakukan secara mandiri maupun melalui platform copy trading.

Banyak trader yang memilih strategi copy trading dengan alasan sebagai berikut. Yakni, memudahkan proses trading, mekanisme mudah, tempat belajar trading, dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga: 10 Keuntungan dan Kerugian Trading, Sudah Tau?

Adapun, cara kerja copy trading singkatnya adalah berfokus untuk mencontoh atau mengikuti aktivitas trading dari master trader bersangkutan. Untuk bisa melakukan copy trading, berikut langkah-langkah umum yang bisa dilakukan. Misalnya, pilih platform, temukan master trader, tentukan jumlah investasi, dan lakukan analisis.

Meski begitu ada berikut beberapa kelebihan dan kekurangan copy trading yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas ini. Kelebihannya adalah cocok untuk pemula, minim risiko, dan sistem otomatis. Sedangkan, kerugiannya adalah keharusan membayar komisi, dan tidak selalu berhasil.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com