Menu
Sign in
@ Contact
Search
Public Expose PT Fortune Indonesia Tbk (FORU).

Public Expose PT Fortune Indonesia Tbk (FORU).

Peter Sondakh dan Happy Hapsoro Bekerjasama, Prospek Fortune (FORU) Kian Cerah

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 11:32 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id –  PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) bakal diakuisisi oleh PT Energi Melayani Negeri (EMN) dengan membeli seluruh saham FORU milik PT Karya Citra Prima. Akuisisi ini disebut akan menjadi awal kebangkitan saham Fortune ke depan.

EMN merupakan perusahaan milik Hapsoro Sukmonohadi atau yang dikenal sebagai Happy Hapsoro. Ia adalah suami dari Ketua DPR RI Puan Maharani, yang juga anak dari Presiden Ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri.

Dalam pengumuman sebelumnya, Karya Citra Prima selaku pemegang mayoritas saham FORU yang dikendalikan Rajawali Group milik Peter Sondakh, menyebutkan akan menjual seluruh saham miliknya ke EMN.

Baca juga: Fortune Indonesia (FORU) Bersiap Hadapi Kebangkitan Industri Komunikasi 2022

Jumlah total saham yang akan dibeli oleh EMN sebanyak 415,22 juta saham atau setara 89,25% dari total saham Fortune Indonesia. Adapun EMN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi bersih terintegrasi untuk penyediaan pengadaan produk-produk energi terbarukan, seperti panel surya. Meski demikian, hingga kini belum dipastikan tujuan pencaplokan FORU oleh EMN.

Sementara itu, Happy Hapsoro menguasai EMN melalui PT Basis Utama Prima atau dikenal sebagai Basis Investment. Berdasarkan penelusuran dari data dokumen Administrasi Hukum Umum (AHU), sebanyak 90% saham EMN dikuasai oleh PT Sumber Energi Negeri. Adapun 99,99% saham Sumber Energi Negeri dipegang oleh PT Basis Utama Prima.

Akuisisi Fortune Indonesia ini masih menunggu keputusan dari EMN. Namun, mengingat EMN bergerak di bidang energi terbarukan (renewable energy), kemungkinan aksi merger dan akuisisi ini bertujuan untuk backdoor listing.

“Menurut divisi liquidity provider EMN, pembelian dengan total 89,25% dari total saham merupakan komitmen yang kuat untuk mendukung kinerja dan pertumbuhan laba terhadap Fortune Indonesia,” kata Chen, tim riset dari Divisi Sekuritas Swarna Investama.

Meski nama Happy Hapsoro jarang muncul di publik, tak banyak yang mengetahui bahwa ia sejatinya adalah seorang pebisnis tulen. Happy adalah putra dari seorang pebisnis properti dan jasa forwarding yang sukses, yakni Bambang Sukmonohadi.

Di sektor properti, Happy Hapsoro diketahui mempunyai perusahaan bernama PT Red Planet Indonesia Tbk (PSKT), yaitu perusahaan yang mengoeprasikan hotel. Melalui PT Basis Utama Prima, Hapsoro juga ikut andil dalam kepemilikan saham PSKT sebanyak 40%.

Baca juga: Laba Bersih Rukun Raharja (RAJA) Semester I 2022 Naik 975,96%

Tak hanya properti, Happy Hapsoro juga memiliki portofolio bisnis di sektor migas melalui PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), perusahaan yang bergerak di segmen infrastruktur dan distribusi gas, upstream investment, dan pembangkit listrik. Sebanyak 32,74% saham RAJA dimiliki oleh Happy Hapsoro.

Selain perusahaan publik, Happy Hapsoro juga memiliki saham perusahaan tertutup yang juga bergerak di sektor migas, yakni PT Odira Energy Persada. Odira Energy merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi memproduksi, mengangkut, memproses, serta memasarkan gas alam pembakaran bersih ke dalam industri dan pembangkit listrik, melansir dari Bloomberg.

Selain itu, Odira Energy menyediakan berbagai layanan lainnya, di antaranya eksplorasi geologi, penginderaan jauh, hingga analisis lingkungan dan administrasi di Indonesia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com