Menu
Sign in
@ Contact
Search
Data Center. Foto: IST

Data Center. Foto: IST

Capex Rp 1 Triliun, Grup Sinar Mas (DMAS) Ekspansi Lahan Data Center

Senin, 29 Agustus 2022 | 23:57 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Emiten Grup Sinar Mas, yaitu PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 1 triliun sampai akhir 2022. Dana tersebut salah satunya akan digunakan untuk menyiapkan lahan pusat data (data center) yang menjadi bisnis berprospek cemerlang.

Direktur Keuangan Puradelta Lestari Tondy Suwanto menjelaskan, biaya untuk fasilitas pendukung data center sekitar 20-30% capex tahun ini atau sekitar Rp 200-300 miliar. Pagu sekitar Rp 1 triliun tersebut antara lain dimanfaatkan untuk menyempurnakan infrastruktur dasar seperti jalanan hingga jaringan fiber optik.

“Perkembangan bisnis digital yang begitu pesat, semua perlu data center untuk menyimpan semua data, contohnya perusahaan e-commerceData center ini bisnis baru, emas baru,” ungkap Tondy kepada Investor Daily, baru-baru ini.

Baca juga: Emiten Toto Sugiri Ini (EDGE) Perkuat Bisnis Data Center

Dia menambahkan, pengembangan jaringan fiber optik sangat penting dalam menyiapkan lahan data center. DMAS telah menyiapkan zona khusus data center yang dilengkapi berbagai peralatan dan teknologi canggih. Pelanggan yang ingin membangun data center di Greenland International Industrial Center (GIIC) bahkan bisa terhubung dengan tiga sampai empat penyedia layanan internet dari sumber berbeda.

“Sehingga kalau terjadi apa-apa mereka tidak akan terganggu. Keamanan tentu menjadi hal paling penting dalam mempersiapkan lahan data center, maksudnya capex itu kan kami terutama tahun ini ditunjukkan ke infrastruktur seperti itu,” sambung dia.

Tondy menginformasikan, saat ini telah berdiri 13 data center di GIIC yang kemungkinan akan bertambah lagi karena beberapa perusahaan berencana melakukan ekspansi. Perseroan pun telah menyiapkan sekitar 20-30 hektare lahan untuk data center. “Jadi nanti Deltamas ini akan menjadi pusat data center di Indonesia. Bahkan pusat data nasional sendiri ada di sini (GIIC),” imbuhnya.

Terkait keamanan, DMAS menjanjikan kepastian pasokan listrik yang cukup kepada perusahaan data center karena ada dua gardu induk di kawasan Industri Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi. Pengembang kawasan Kota Deltamas Cikarang dan GIIC ini juga mengeklaim lahan yang disediakan tidak akan mengalami banjir dan ketersediaan air bersihnya memadai.

“Selain itu, tahun lalu kami sudah menandatangani satu MoU dengan PLN, mereka akan sediakan sampai hampir 1000 MW (megawatt) di data center kami,” jelas Tondy.

Berhasil menambahkan perusahaan berteknologi tinggi untuk masuk ke GIIC, DMAS menargetkan pendapatan tahun ini meningkat 20% dari pendapatan tahun lalu atau menjadi sekitar Rp 1,72 triliun dari Rp 1,44 triliun. Besaran pertumbuhan yang sama diprediksi juga akan terjadi pada laba bersih perseroan sehingga menjadi Rp 857,68 miliar sampai akhir 2022 dibanding Rp 714,74 miliar pada 2021.

Baca juga: Ini Gebrakan Grup Sinar Mas Usai Akuisisi DANA

Sementara itu, hingga 30 Juni 2021, DMAS telah membukukan laba bersih Rp 660 miliar dan pendapatan usaha sebesar Rp 1,07 triliun. Dari perolehan ini, segmen industri masih menyumbang kontribusi terbesar yaitu Rp 859 miliar atau sekitar 80,5% dari total pendapatan usaha. Disusul segmen komersial sebesar Rp 176 miliar atau 16,5% dari total pendapatan usaha dan segmen hunian sebesar Rp 23 miliar atau 2,1% dari total pendapatan usaha.

“Sektor data center masih jadi pelanggan utama yang berkontribusi terhadap penjualan lahan industri kami yang dicatatkan sebagai pendapatan perseroan di paruh pertama tahun 2022,” ujar Tondy.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com