Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Ethereum. (Sumber: freecodecamp.org)

Ilustrasi Ethereum. (Sumber: freecodecamp.org)

The Merge Selesai, Ethereum Resmi Transisi ke Proof-of-Stake

Kamis, 15 Sep 2022 | 15:41 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id -  Ethereum resmi melakukan transisi penuh jaringan dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) atau The Merge.

Pada 15 September, pukul 13.42 WIB di blok 15537393, execution layer mainnet Ethereum mulai bergabung dengan consensus layer Beacon Chain di Terminal Total Difficulty (TTD) 587500000000000000000000000.

Titik TTD telah ditentukan, yang secara otomatis membuat penambangan ETH menjadi tidak berfungsi. Dengan demikian, jaringan tidak lagi bergantung pada mekanisme konsensus PoW.

Baca juga: Investor Menanti Pengaruh The Merge Ethereum terhadap Kenaikan Harga Kripto

Advertisement

Jaringan Ethereum tidak melewatkan satupun slot proposal blok 12 detik. Setelah 12 menit 48 detik, atau dua periode yang masing-masing periodenya 32 slot, Ethereum berhasil mencapai akhir proses.

Selama periode itu, sejumlah exchange kripto melakukan tindakan pencegahan dengan menghentikan sementara aktivitas terkait token Ethereum. Mereka di antaranya Binance, FTX, Coinbase, dan Kraken.

Baca juga: Data Inflasi AS Guncang Pasar, Bitcoin dan Ethereum JatuhThe Merge Ethereum 

Jaringan Ethereum saat ini menopang puluhan miliar dolar aset digital, aplikasi, dan sistem de decentralized finance (DeFi). Sejauh ini, tidak ada melaporkan operasionalnya telah terpengaruh oleh The Merge.

Transisi ini berlangsung tanpa hambatan, yang tentunya menjadi upgrade paling bersejarah yang telah lebih dari lima tahun terakhir diantisipasi oleh komunitas kripto.

Ethereum Foundation mengatakan, The Merge membuat jaringan Ethereum lebih hemat energi sekitar 99,95%. Selanjutnya, jaringan akan mengatur solusi penskalaan di masa depan.

Baca juga: Amat Penting, Investor Besar Bakal Taruh Dana Gede-gedean ke ETH?

“Dan kami menyelesaikannya! Selamat gabung semua. Ini adalah momen besar bagi ekosistem Ethereum. Setiap orang yang membantu mewujudkan penggabungan harus merasa sangat bangga hari ini,” tulis pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, di Twitter.

Dengan selesainya The Merge, menurut roadmap, jaringan masih harus menghadapi “Surge,” “Verge,” “Purge” dan “Splurge.”

Surge akan meningkatkan skalabilitas dengan roll up melalui sharding. Verge akan mencapai statelessness melalui Verkle. Purge akan menghilangkan data historis dan utang teknis. Kemudian, Splurge akan melakukan sejumlah upgrade kecil lain.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Portal Kripto

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com