Menu
Sign in
@ Contact
Search
Antam berkomitmen menerapkan good mining practice atau keberlanjutan di seluruh wilayah operasi perseroan, seperti di unit bisnis pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat (Kalbar).

Antam berkomitmen menerapkan good mining practice atau keberlanjutan di seluruh wilayah operasi perseroan, seperti di unit bisnis pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat (Kalbar).

Gandeng Masyarakat, Antam Komit Terapkan Keberlanjutan di Wilayah Operasi Bauksit Kalbar

Jumat, 23 September 2022 | 16:15 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

TAYAN, Investor.id – PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) atau Antam, anggota BUMN Holding Industri Pertambangan, MIND ID, berkomitmen menerapkan good mining practice atau keberlanjutan di seluruh wilayah operasi perseroan, seperti di unit bisnis pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca juga: Perkuat Bisnis Bauksit, Antam (ANTM) Optimistis Lanjutkan Pertumbuhan

General Manager Antam UBP Bauksit Kalimantan Barat Anas Safriatna menegaskan, perseroan berkomitmen dalam mengutamakan keberlanjutan dalam kegiatan operasi yang dilakukan. "Bersinergi dengan masyarakat sekitar wilayah operasi menjadi salah satu upaya kami mewujudkan keberlanjutan," ujar Anas kepada media, Jumat (23/9).

Emiten tambang pelat merah ini pun menggandeng Kelompok Tani bernama Mamalam untuk mengembangkan berbagai potensi seperti pertanian, peternakan, dan bersinergi melakukan reklamasi di lahan bekas tambang perseroan.

Dari sisi pertanian, perseroan mengembangkan sayuran organik, budidaya jambu kristal, sampai budidaya ikan air tawar di area CSR Center. Perseroan juga melakukan pengelolaan reklamasi lahan bekas tambang, Antam bersama kelompok Tani Mamalam menggunakan tandan kosong kelapa sawit (tankos) sebagai media tanam.

Baca juga: Cara Antam (ANTM) Kejar Target

Menurut Anas, tekstur tankos yang berduri dan kaya unsur hara cocok untuk memperbaiki kondisi lahan pasca tambang sekaligus mengendalikan erosi. Selain sebagai media tanam, tankos juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanaman endemik daerah Tayan yang ditanam di area reklamasi seperti ulin, tengkawang, durian, dan sebagainya.

Lebih lanjut, perseroan juga melibatkan para petani Mamalam untuk menyediakan bibit dan penanaman. Karena itu, keberadaan program Mamalam turut memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Bos Antam (ANTM) Beberkan Progres JV dengan CBL dan LG, juga Rencana Divestasi

Bagaimana tidak, melalui konsep pertanian agribisnis berkelanjutan dan pendampingan, kini para petani di Kelompok Mamalam memiliki usaha stabil dan berkelanjutan, pendapatan tumbuh, dan kapabilitas para petani di bidang pertanian dan bisnis juga meningkat.

Tidak cuma situ, Antam juga menciptakan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) untuk Majukan Usaha Lokal dengan menjadi mitra binaan perusahaan.

Sebut misalnya di wilayah UBP Bauksit, Antam pada 30 Agustus 2022 lalu menyalurkan PUMK berupa pinjaman sekitar Rp 520 juta kepada pelaku usaha dengan menyasar masyarakat dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tujuannya, untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat khususnya yang berada di sekitar area operasi perseroan.

Selain dukungan pendanaan, Antam juga konsisten memberikan pelatihan dan pembinaan bagi para mitra untuk meningkatkan kompetensi usaha. Dengan demikian, Antam tumbuh bersama masyarakat untuk mewujudkan keberlanjutan sebagai tujuan perseroan dengan harapan masyarakat lebih berdaya dan mandiri.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com