Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kegiatan usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). (Foto: Perseroan)

Kegiatan usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). (Foto: Perseroan)

Perusahaan Menara Milik Grup Djarum (TOWR) Solid, Target Harga Saham Masih Lebar

Minggu, 25 Sep 2022 | 14:30 WIB
Ely Rahmawati (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), perusahaan menara telekomunikasi milik Grup Djarum, bakal melanjutkan kinerja yang solid pada semester II-2022. Perseroan melakukan diversifikasi bisnis dengan banyak klien business to business (B2B).

“Pendapatan TOWR makin terdiversifikasi pada kuartal II-2022 mencapai Rp 2,7 triliun, yang memberikan pertumbuhan tertinggi selama 13 kuartal berturut-turut terutama melalui cara organik,” tulis analis BRI Danareksa Sekuritas Niko Margaronis dalam riset terbaru.

Baca juga: Habiskan Rp 3,31 Triliun, Grup Djarum Tambah 5% Saham Sarana Menara (TOWR)

Menurut Niko, perolehan tersebut terdiri atas pendapatan menara, yang stabil Rp 2,14 triliun pada kuartal II-2022 dan pendapatan non-menara Rp 556 miliar, yang mendorong pertumbuhan kuartalan Sarana Menara. Mengakomodasi perusahaan telekomunikasi dengan menara Built to Suit (B2S), Sarana Menara mantap membangun jejaknya baik dengan akuisisi portofolio atau menara B2S.

Advertisement

“Pada kuartal II-2022, kita bisa melihat efek dari relokasi penyewa dengan pembangunan menara baru. TOWR memiliki 136 penambahan sewa bersih tambahan di periode ini, sementara kolokasi turun karena mungkin salah satu Indosat dan Hutchison 3 pindah ke menara baru,” jelas dia.

Selain itu, portofolio menara TOWR meningkat sebanyak 252 menara tambahan yang didorong oleh potensi relokasi penyewa, serta menara B2S baru untuk telekomunikasi. Bisnis non-menara menjadi sumber utama pertumbuhan.

Dengan perkembangan ini, pendapatan menara tetap stabil di kuartal kedua, tetapi Sarana Menara sekarang memiliki basis menara yang lebih besar, memiliki portofolio terbesar kedua dengan 29.263 menara untuk koneksi cross-sell fiber. Pada kuartal II-2022, serat optik menara yang menghasilkan pendapatan meningkat 14.081 kms mencapai total 95.400 kms atau tumbuh 17,3% secara kuartalan, sebagian besar berasal dari kolokasi.

Baca juga: Saratoga (SRTG) Jual Saham Tower Bersama (TBIG) Rp 2,7 Triliun

Niko juga menilai hal tersebut mendorong pertumbuhan pendapatan non-menara/fiber dengan potensi kontribusi lebih dari satu perusahaan telekomunikasi. Perseroan juga memperluas pelanggan dengan aktif berusaha menjual konektivitas melalui VSAT, microwave atau fiber ke klien bisnis dan sektor publik.

Aktivasi bisnis terus meningkat menjadi 13.333 secara total dengan 3.408 di antaranya adalah homepass. Pendapatan terkait segmen itu meningkat sebesar 11,9% (qoq) dan 33,5% (yoy). Margin keuntungan non-menara juga membaik.

Baca juga: Jadi Penghuni Baru IDX ESG Leaders, Ini Maknanya bagi Mitratel (MTEL)

“Kinerja TOWR secara keseluruhan sejalan dengan konsensus. Kami pikir TOWR menghasilkan arus kas yang solid pasca akuisisi SUPR dengan leverage utang bersih menurun pada kuartal kedua. Kami mengulangi skenario kami bahwa pemegang saham pengendali akan mencari investor baru, yang diikuti dengan rights issue ketika penawaran tender selesai dilakukan Grup Djarum,” tandas Niko.

Dengan berbagai faktor tersebut, BRI Danareksa Sekuritas mempertahankan rekomendasi beli untuk saham TOWR dengan target harga baru Rp 2.000. Sementara itu, pada perdagangan Jumat (23/9/2022), saham TOWR ditutup terkoreksi Rp 15 (1,2%) pada harga Rp 1.200. Dengan demikian, potensi cuan TOWR tergolong masih tinggi sebesar 66,6%.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com