Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kegiatan PT Bumi Resources Tbk (BUMI). (Perseroan)

Kegiatan PT Bumi Resources Tbk (BUMI). (Perseroan)

BUMI Mau Merdeka dari Utang

Senin, 26 September 2022 | 14:06 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berencana menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 11 Oktober 2022.

Mata acara RUPSLB adalah persetujuan atas rencana pelaksanaan/penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) atau private placement dalam rangka perbaikan posisi keuangan.

Baca juga: Pemodal Besar Mau Masuk Bumi Resources (BUMI), Diberi Harga Rp 120 per Saham, kok Bisa?

Sebagaimana diketahui, Bumi Resources sudah mengumumkan rencana untuk melakukan penerbitan sebanyak-banyaknya 200 miliar saham biasa seri C tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

Dalam keterbukaan informasi perseroan pada awal September 2022 dijelaskan bahwa perseroan telah menetapkan bahwa harga pelaksanaan adalah Rp 120 per saham sehingga nilai dari private placement ini sebesar Rp 24 triliun atau setara dengan sebesar-besarnya US$ 1,6 miliar pada kurs tukar Rp 15.000/USD yang telah disepakati antara perseroan dan pemodal.

Total kewajiban perseroan sebelum pelaksanaan private placement adalah sebesar US$ 3,51 miliar. Dengan pelaksanaan penambahan modal non-HMETD akan menyebabkan penurunan total kewajiban perseroan sekitar US$ 1,54 miliar. Sehingga setelah PMTHMETD total kewajiban BUMI nantinya akan tersisa sebesar US$ 1,97 miliar.

Penerbitan sebanyak-banyaknya 200 miliar saham baru lewat private placement akan menyebabkan peningkatan ekuitas yang berasal dari tambahan modal disetor dan agio saham. Sebagai hasil pelaksanaan PMTHMETD, ekuitas berdasarkan laporan keuangan konsolidasi per 30 Juni 2022 akan mengalami peningkatan sebesar USD 1,51 miliar, dari sebesar US$ 887,58 juta, menjadi sebesar US$ 2,39 miliar.

Baca juga: Begini Target Kinerja BUMI hingga Akhir 2022

Dengan peningkatan ekuitas perseroan, rasio kewajiban terhadap ekuitas (debt-to-equity ratio/DER) perseroan akan membaik di mana DER per 30 Juni 2022 yang sebelumnya 4,0x menjadi 0,8x, sementara rasio total kewajiban terhadap total aset (total debt-to-total aset ratio/DTA) perseroan akan membaik di mana DTA per 30 Juni 2022 yang sebelumnya 80,1% menjadi 45,1%.

PMTHMETD juga akan memperbaiki likuiditas perseroan di mana modal kerja bersih perseroan akan membaik dari posisi negatif US$ 1,92 miliar per 30 Juni 2022 menjadi negatif US$ 177,41 juta setelah pelaksanaan PMTHMETD.

Sementara itu, Direktur PT Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma menjelaskan, permintaan persetujuan di RUPSLB itu terkait private placement, di mana akan ada investor baru masuk. Dana yang diperoleh akan dipakai untuk melunasi sisa debt dari BUMI (trance B & C).

“Hal ini akan membuat BUMI menjadi perusahaan dengan status debt free serta juga memperbaiki struktur modal BUMI yang saat ini mencatatkan defisiensi modal,” terang Suria dalam penjelasan tertulis dikutip Senin (26/9/2022).

Baca juga: Bumi Resources (BUMI) Tuntaskan Lagi Private Placement, Jumlah Sahamnya Makin Tebal

Dia menilai, pelunasan debt ini juga akan membuat BUMI menjadi perusahaan yang jauh lebih sehat, apalagi didukung dengan statusnya sebagai produsen batu bara terbesar di Indonesia.

“Walaupun pemegang saham lama terdilusi, namun kondisi baru BUMI akan membuat valuasi BUMI berpotensi meningkat dengan membaiknya GCG dan balance sheet yang lebih bersih dan P&L yang lebih baik,” imbuhnya.

Analyst kami, Jonathan Guyadi dan Prasetya Gunadi dalam risetnya menunjukkan bahwa saat ini BUMI divaluasi jauh di bawah peers-nya yaitu sebesar USD$ 1,15/MT, jauh lebih rendah dari ADRO (US$ 5,63/MT), dan ITMG (US$ 6,73/MT). Mereka memberikan rekomendasi BUY dengan TP di IDR 305,” pungkasnya.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com