Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi beberapa aset kripto

Ilustrasi beberapa aset kripto

Calon Pedagang Aset Kripto Ramai-ramai Lagi Buka Lowongan, Mau Daftar?

Jumat, 30 September 2022 | 08:00 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang menyelimuti kalangan start-up masih terus menghantui. Ancaman resesi AS hingga menciptakan “musim dingin kripto atau cryptowinter” tak lekang membuat aset kripto kehilangan keperkasaannya.

Pertengahan pekan lalu, tercatat ada 45 orang karyawan Tokocrypto diterpa kondisi tersebut. Platform perdagangan aset kripto ini melakukan perubahan strategi bisnis, salah satunya dengan mengurangi 20% dari total 225 karyawannya. Namun, secara berbeda, banyak dari calon pedagang yang justru sekarang sedang melakukan perekrutan pegawai.

Baca juga: Oh No! September Ini Jadi Bulan Terlemah Sepanjang Sejarah Kripto

Founder & CEO PINTU Jeth Soetoyo mengatakan, kondisi PINTU saat ini cukup stabil walaupun secara makro-ekonomi semua sedang dalam kondisi yang challenging.

“Namun, meski begitu, saat ini Pintu masih terus melakukan hiring, mencari talents lokal maupun global terbuka untuk membantu kami membangun Pintu dan membuat investasi crypto lebih aksesibel dan dipahami secara baik oleh masyarakat Indonesia,” katanya kepada Investor Daily, Kamis (29/9/2022).

Tambah Jeth, di tahun ini PINTU telah merampungkan pendanaan senilai US$ 113 juta (Rp 1,6 triliun).  Melalui pendanaan tersebut, pihaknya berencana akan terus melakukan perekrutan talenta-talenta terbaik untuk berbagai posisi strategis seperti engineering, business & strategy, hingga human resources.

Baca juga: Pasar Kripto Sukses Move On Imbas Pelemahan Indeks Dolar AS

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, meskipun kripto sedang masuk fase bearish, kondisi Indodax tetap berjalan dengan baik. “Kami tidak melakukan pengurangan karyawan secara massal sama sekali. Justru, Indodax sedang melakukan penambahan karyawan untuk ekspansi bisnis Indodax kedepannya agar kami bisa melayani customer dengan lebih baik lagi,” katanya.

Adapun, total karyawan Indodax sampai saat ini berjumlah 400an orang.

Begitupun dengan calon pedagang aset kripto lainnya, Luno. Country Manager Luno Indonesia Jay Jayawijayaningtiyas menuturkan, Luno 100% aman dari pengurangan pegawai, bahkan pihaknya sedang aktif untuk merekrut tenaga kerja. Adapun, karyawan Luno secara global ada 1.000 orang dan 33 orang diantaranya berada di Indonesia.

Baca juga: Gandeng Bappebti, PINTU Genjot Literasi dan Edukasi Kripto di Vokasi UGM Yogyakarta

Senada, Founder & CEO Triv Gabriel Rey mengatakan, Triv sendiri tidak ada rencana pengurangan staf, karena pihaknya berhati-hati ketika melakukan scale up jumlah tim.

“Bahkan dalam bear market ini kami masih berencana menambah beberapa orang untuk masuk ke dalam team kami, karena bear market waktu yang tepat untuk membangun produk,” ujarnya.

Di sisi lain, Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo menuturkan, jika berdasarkan tren yang berlangsung, BTCUSD belum menciptakan perubahan yang berarti. Sejumlah pembelian baru yang ditahan dan akumulasi posisi, karena persepsi pedagang pada level 20.000 sebagai level dukungan psikologis kuat mungkin masih berlaku.

Baca juga: Pasar Kripto Dunia Volatil, CAD Hentikan Sementara Operasional Penambangan

Ekspektasi bahwa The Fed akan semakin agresif dalam pengetatan kebijakan moneter, selepas data pekan lalu yang positif dan diperkirakan mereka akan menaikan suku bunga hingga 75 bp dapat menjadi kendala bagi BTC yang berusaha untuk bertahan di atas dukungan teknis.

Crypto winter bisa berlangsung lebih lama, jika ternyata dalam laporan inflasi AS pekan ini dengan angka yang keluar berada di atas ekspektasi. Data yang kuat akan mendukung penguatan ulang dolar AS. Namun sebaliknya, jika data inflasi menurun sehingga The Fed tidak perlu repot-repot untuk menaikan besaran suku bunga yang tinggi dapat membuat dolar melemah, dan dengan demikian aset beresiko seperti saham dan kripto kemungkinan bisa bergerak naik kembali," katanya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com