Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT). (Foto: Ist)

PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT). (Foto: Ist)

Perkuat Kinerja, Nusantara Pelabuhan (PORT) Fokus Revitalisasi

Rabu, 9 Nov 2022 | 06:31 WIB
Ghafur Fadillah (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) akan berfokus pada peremajaan (revitalisasi) truk dan crane agar dapat memberikan layanan secara maksimal hingga akhir 2022. Aksi korporasi ini sekaligus memperkuat kinerja keuangan perseroan yang telah membalikan rugi menjadi untung Rp 14,63 miliar di akhir kuartal III-2022.

Direktur Utama PORT Paul Krisnadi mengatakan, fokus perseroan ini sejalan dengan optimisme bahwa perekonomian Indonesia akan terus berkembang. Mengutip data dari Dana Moneter Internasional (IMF), Indonesia masuk dalam kelompok 10 negara dengan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) terbesar di dunia. Indonesia dengan PDB mencapai US$ 4,02 triliun berada di posisi ketujuh, menyalip Brasil, Inggris, dan Prancis.

Baca juga: Bongkar Muat Kendaraan Meningkat, Kinerja IPCC Melesat

“Kami akan fokus melakukan peremajaan armada truk dan crane di tahun ini, sehingga bisa berpartisipasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan peremajaan armada truk dan crane, PORT akan bisa menyediakan layanan pelabuhan yang lebih baik, lebih efektif dan efisien,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Advertisement

Dia menambahkan, berkat efisiensi perseroan dalam menekan sejumlah biaya, serta adanya laba dari penjualan aset, perseroan berhasil menurunkan beban langsung sebanyak 8% dari Rp 867,69 miliar menjadi Rp 800,82 miliar. Adapun beban operasional berhasil ditekan 9% dari Rp 72,72 miliar menjadi Rp 65,64 miliar.

Baca juga: Laba Kobexindo (KOBX) Melejit 61,5%, Pendapatan Melonjak 43,7%

Pada periode ini, perseroan membukukan pendapatan Rp 945,55 miliar, turun 5% dari Rp 994,09 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Turunnya pendapatan perseroan tersebut merupakan dampak dari melemahnya kegiatan ekonomi nasional yang baru saja menggeliat kembali pasca-pandemi. Pelemahan kegiatan ekonomi terjadi seiring terhambatnya laju belanja masyarakat akibat kenaikan laju inflasi.

Untuk menambah pundi-pundi pendapatan, Nusantara Pelabuhan Handal juga mengincar bisnis baru di luar pelabuhan, yang masih terkait dengan kegiatan usaha perseroan. Saat ini, PORT menjajaki peluang pada bisnis peremajaan alat dan jasa engineering alat pelabuhan.

Selain itu, PORT juga melakukan riset terkait dengan kemungkinan otomatisasi proses bisnis di luar pelabuhan, misalnya otomatisasi pada mata rantai logistik. Langkah ini untuk mempertahankan kinerja positif perseroan sepanjang 2022.

Baca juga: Beda dengan Samudera Indonesia (SMDR), Temas (TMAS) Pilih Buyback

Menurut Krisnadi, PORT sedang menjajaki peluang bisnis pada otomatisasi dari mata rantai logistik. Perseroan melihat masih banyak ruang untuk meningkatkan efisiensi di luar Pelabuhan yang dapat berdampak pada penurunan biaya logistik di Indonesia.

“Selain itu, dalam rangka mendorong kinerja agar lebih baik, kami terus melakukan efisiensi, memastikan rantai pasok suku cadang untuk meningkatkan produktivitas, memaksimalkan penggunaan teknologi dalam aktivitas sambil tetap memastikan protokol kesehatan di tempat kerja demi menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja dan pengguna jasa,” pungkas Krisnadi.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com