Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi kegiatan usaha PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA). (Foto: DSSA)

Ilustrasi kegiatan usaha PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA). (Foto: DSSA)

Satu Lagi Transaksi dari Emiten Grup Sinar Mas (DSSA), Nilainya Rp 20 Triliun

Rabu, 9 Nov 2022 | 23:31 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Emiten Grup Sinar Mas, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) akan melakukan restrukturisasi saham anak usaha senilai US$ 1,28 miliar atau setara Rp 20 triliun. Restrukturisasi tersebut meliputi penerimaan saham PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) senilai US$ 1,05 miliar atau setara Rp 16,43 triliun, dan pengalihan saham Golden Energy and Resources Limited (GEAR) sebesar US$ 235,39 juta.

GEMS merupakan entitas anak tidak langsung DSSA melalui GEAR dengan kepemilikan 62,5% saham. Sementara GEAR adalah perusahaan berbadan hukum Singapura yang merupakan entitas langsung DSSA dengan kepemilikan 77,49%.

Baca juga: Bisnis Kian Menggurita, Dian Swastatika (DSSA) Lagi-lagi Dirikan Anak Usaha

Manajemen Dian Swastatika dalam keterbukaan informasi, Rabu (9/11/2022), mengungkapkan bahwa DSSA akan mengalihkan 2,04 miliar saham GEAR kepada Duchess. Pengalihan 77,49% saham kepada perusahaan Singapura yang terafiliasi dengan perseroan tersebut, bernilai US$ 235,4 juta atau setara Rp 3,68 triliun.

Advertisement

Selanjutnya, perseroan akan menerima pembagian dividen saham (dividen in specie) atas 1,04 miliar saham GEMS atau setara US$ 385,73 juta yang dimiliki GEAR.

Baca juga: Dian Swastatika (DSSA) Caplok 20% Saham Entitas Tambang Batu Bara di Australia dari Mitsui

DSSA juga akan menerima saham GEMS melalui penurunan modal GEAR dengan cara pengembalian modal sebesar US$ 665,95 juta. Hal itu dilakukan dalam bentuk pembagian 1,8 miliar saham GEMS yang dimiliki GEAR kepada perseroan.

Setelah transaksi, DSSA akan memiliki 48,43% saham GEMS. Sementara 77,49% kepemilikan DSSA di GEAR akan diserahkan ke Duchess.

"Rencana transaksi ini diharapkan akan mendukung pencapaian tujuan keberlanjutan usaha jangka panjang dan memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham perseroan. Di mana perseroan dapat melakukan pengambilan dan pelaksanaan keputusan secara lebih efektif, mengelola entitas anak dengan lebih efisien, dan berfokus untuk melakukan pengembangan usaha di Indonesia," jelas manajemen DSSA.

Manajemen Dian Swastatika menyebut, rencana penerimaan saham GEMS dan pengalihan saham GEAR merupakan rangkaian transaksi material sebagaimana dimaksud dalam POJK 17/2020. "Rencana penurunan modal GEAR dan rencana pengalihan saham GEAR merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020, sedangkan rencana pembagian dividen saham GEMS bukan merupakan transaksi sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020," ungkap manajemen DSSA.

Baca juga: Dian Swastatika (DSSA) Divestasi 6% Saham Smartfren (FREN), Alibaba Masuk?

Manajemen DSSA menegaskan, keseluruhan rencana transaksi bukan merupakan transaksi benturan kepentingan, karena tidak terdapat perbedaan antara kepentingan ekonomis perseroan dengan kepentingan ekonomis pribadi anggota direksi, anggota dewan komisaris, ataupun pemegang saham utama perseroan yang dapat merugikan perseroan. Untuk memenuhi ketentuan Pasal 14 butir a POJK 17/2020, perseroan berencana meminta persetujuan dari para pemegang saham independen dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 20 Desember 2022.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com