Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC)

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC)

Jelang Rights Issue, Investor Asing Crossing Beli Saham Bank Neo (BBYB) Rp 297 Miliar

Rabu, 23 November 2022 | 17:12 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Salah satu investor asing merealisasikan pembelian bersih (net buy) melui pasar negosiasi saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) senilai Rp 297 miliar melalui pasar negosiasi. Total saham yang berpindah tangan mencapai 3,30 miliar .

Saham tersebut ditransaksikan dengan harga pelaksanaan Rp 900 atau lebih tinggi dari harga penutupan, Rabu (23/11/2022), senilai Rp 940. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham BBYB ditutup menguat Rp 70 (8,05%) menjadi Rp 940 per saham.

Baca juga: Bank Neo Commerce (BBYB) Yakin Untung Tahun Depan

Transaksi tutup sendiri (crossing) saham BBYB tersebut dibantu sekurtas Maybank Sekuritas Indonesia sebagai broker pembeli. Sedangkan broker penjual Semesta Indovest Sekuritas.

Perseroan sebelumnya sudah telah mendapatkan pernyataan effective dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 2,61 miliar saham baru. Setiap pemegang 18 lembar saham lama yang tercatat  per tanggal 22 November 2022 berhak memperoleh 5 HMETD. Satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu lembar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp650 per saham.  Dengan demikian, dana yang akan dimobilisasi sebesar Rp1,7 triliun.

Dalam Prospektus yang diterbitkan, Pemegang Saham Utama BNC, yaitu PT Akulaku Silvrr Indonesia, PT Gozco Capital dan Rockcore Financial Technology Co.Ltd akan melaksanakan secara penuh haknya sesuai dengan porsi kepemilikannya.

Beberapa tanggal penting dalam right issue saham BBYB antara lain, tanggal pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 24 November 2022, bersamaan dengan periode perdagangan HMETD yang berlangsung pada 24 - 30 November 2022. Akhir pembayaran pemesanan tambahan di 2 Desember 2022, dengan tanggal penjatahan pada 5 Desember 2022 dan tanggal pengembalian uang pemesanan pada 7 Desember 2022.

Baca juga: Jamin Penuhi Modal Inti,  Neo Commerce (BBYB) Dapat Restu Rights Issue Rp 1,7 T

Direktur Utama BBYB, Tjandra Gunawan,  mengatakan,  setelah mempertimbangkan kondisi pasar saham dan perekonomian beberapa bulan terakhir, pihaknya memutuskan untuk mengubah target perolehan dana. Jika sebelumnya rights issue direncanakan   sebesar Rp5triliun, kini diubah menjadi Rp1,7triliun.

"Angka ini sementara kami nilai sangat cukup untuk menjadi fuel bagi BNC dalam mengeksekusi milestones yang sudah kami rencanakan ke depannya. Kami percaya pencapaian positif kinerja BNC di sepanjang tahun ini, mulai dari DPK, fee based income, pendapatan bunga bersih hingga dapat membukukan laba di Kuartal III 2022, menunjukkan bahwa kinerja BNC berada pada jalur yang tepat, sehingga dana yang akan didapat secara efektif dan efisien dapat mendukung kinerja usaha Perseroan yang lebih baik lagi di tahun depan,” ujar Tjandra Gunawan. 

Baca juga: Bank Neo (BBYB) Bangkit Lebih Cepat, Intip Target Harga Baru Sahamnya

Rights issue akan meningkatkan kapasitas pendanaan BNC untuk pengembangan bisnis perusahaan sehingga kinerja perusahaan pasca rights issue diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan berkelanjutan. “Pelaksanaan Right Issue merupakan bentuk komitmen Perseroan untuk selalu mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku, termasuk dalam pemenuhan modal inti. Dan target jumlah perolehan dana Rp1,7 triliun tersebut akan digunakan Perseroan untuk memperkuat modal inti dan sebagai modal kerja pengembangan Usaha Perseroan,” tutup Tjandra.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com