Menu
Sign in
@ Contact
Search
Aktivitas investor di galeri sekuritas, Jakarta. (B-Universe Photo/Uthan AR)

Aktivitas investor di galeri sekuritas, Jakarta. (B-Universe Photo/Uthan AR)

Pilarmas: IHSG Melemah Terbatas, ELSA Hingga MPPA Calon Saham Tercuan di Awal Pekan

Senin, 28 Nov 2022 | 07:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi melemah terbatas pada perdagangan Senin (28/11/2022). IHSG diperkirakan akan bergerak pada rentang 7.000 – 7.115. ELSA hingga MPPA Calon saham tercuan di awal pekan.

Pada perdagangan Jumat (25/11/2022), IHSG ditutup melemah sebesar 27 poin (0,39%) ke level 7.053. Sektor energi, teknologi, transportasi & logistik, infrastruktur, keuangan, bahan baku, properti & real estate, Kesehatan, industry bergerak negatif dan mendominasi penurunan IHSG.  

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, akhirnya Gubernur Bank Sentral Korea Selatan, Rhee Chang-yong memberikan isyarat bahwa kenaikkan tingkat suku bunga atau pengetatan kebijakan moneter sudah semakin dekat untuk berhenti. Alasannya tentu saja, bukan lagi karena Inflasi, tapi lebih kepada karena khawatir atas pertumbuhan ekonomi dan pasar kredit yang akan mengalami tekanan.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: Dibayangi Potensi Koreksi Lanjutan Sektor Energi, Pantau Saham-saham Defensif

Advertisement

Bank Sentral Korea Selatan melihat proyeksi inflasi pada tahun 2023 mendatang sebesar 3.6%. Well, situasi dan kondisi akan terus berubah, semua tentu memutuskan berdasarkan data ekonomi yang masuk, sama seperti yang dikatakan oleh Powell. “Oleh sebab itu, kami percaya meskipun situasi dan kondisi mulai mencapai titiknya ketika inflasi mengalami penurunan, apa langkah selanjutnya saat ini?Amati dan cermati ya,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Senin (28/11/2022).

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, tekanan demi tekanan baik dari internal hingga eksternal sudah mulai berdampak terhadap dinamika anggaran negara. Hal ini tercermin dari penurunan penerimaan negara secara bulanan pada Oktober 2022, baik dari penerimaan perpajakan maupun penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Namun, kalau dilihat secara tahunan masih tumbuh sebesar 44,5% menjadi Rp2.181,6 triliun yang masih didominasi oleh penerimaan pajak sebesar Rp 1.448,2 triliun atau tumbuh 51,8%.

Baca juga: Yugen: IHSG Cenderung Sideways, Akumulasi Saham-Saham Fundamental Kuat

“Kami melihat belanja negara yang meningkat signifikan memang untuk mengejar target mengingat sudah masuk di kuartal penghujung tahun. Defisit fiskal yang terjadi pun masih cenderung terjaga jika dibandingkan sebelumnya,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas juga memandang bahwa likuiditas akan sangat penting menghadapi potensi perlambatan ekonomi global tahun depan. Di samping menjaga struktur pembiayaan dan mengakumulasi SILPA, terpantau likuiditas dari uang beredar dalam arti luas (M2) yang tumbuh sebesar 9,8% yoy menjadi Rp8.222,2 triliun. Meskipun pertumbuhannya terbatas imbas kenaikan suku bunga, namun masih menopang pergerakan likuiditas.

Baca juga: Suku Bunga The Fed Melandai, Harga SUN Menguat Terbatas

“Tak hanya itu, pemerintah juga memiliki tagihan kepada BI atas sistem moneter melalui ketentuan SKB untuk mendukung perekonomian, dan ini tentu saja memberikan sebuah kabar baik bagi kita dalam menatap tahun depan,” jelas Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan beberapa saham pilihan calon jadi saham tercuan di awal pekan ini. Saham-saham tersebut adala ELSA, ARII, BBRI, SMGR, MPPA.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com