Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). (Ist)

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). (Ist)

Jalan Panjang Waskita Beton (WSBP) Membuka Suspensi Saham

Selasa, 29 Nov 2022 | 05:40 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Hasil Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) yang menolak usulan Wali Amanat terkait penyesuaian Perjanjian Perdamaian PKPU membuat jalan perseroan untuk membuka gembok perdagangan sementara (suspensi) saham kian panjang. Bagaimana tanggapan perseroan?

Dari pengumuman perseroan yang dipublikasi pada Minggu (26/11/2022), tercatat, dari total 1,38 triliun suara atau setara nilai obligasi Rp 1,38 triliun, sebanyak 1,11 triliun suara atau mewakili Rp 1,11 nilai obligasi menyatakan tidak setuju. Sementara 271 miliar suara atau sebanding dengan nilai obligasi Rp 271 miliar atau 19,65% memvoting setuju, dan sisanya 2,8 miliar suara atau Rp 2,8 miliar nilai obligasi memilih abstain.

Berdasarkan kuorum pengambilan keputusan, maka RUPO anak usaha Waskita Grup ini pun akhirnya memutuskan tidak menyetujui usulan Wali Amanat.

Baca juga: Suspensi Saham Waskita Beton (WSBP) Bakal Dibuka BEI Disebut Jadi Katalis Positif

Menanggapi hal itu, Vice President of Corporate Secretary Waskita Beton (WSBP) Fandy Dewanto mengatakan, perseroan menghormati hasil RUPO di mana mayoritas pemegang obligasi belum menyetujui usulan perubahan atau addendum perjanjian perwaliamanatan (PWA) yang disesuaikan dengan ketentuan dalam Perjanjian Perdamaian PKPU.

"Hasil RUPO tersebut tentu memberikan dampak kepada target pembukaan suspensi saham WSBP, sebagaimana syarat dari Bursa Efek Indonesia," ungkap Fandy kepada Investor Daily, Senin (28/11/2022).

Biarpun begitu, Fandy menegaskan perseroan tetap berkomitmen untuk melaksanakan upaya-upaya agar suspensi saham dapat segera dibuka dan perusahaan dapat mengimplementasikan Perjanjian Perdamaian kepada seluruh kreditur.

Dalam RUPO yang berujung penolakan itu terdapat dua agenda utama yang masuk dalam pembahasan. Pertama, meminta persetujuan perubahan/addendum Akta Perjanjian Perwaliamanatan Obligasi Berkelanjutan I Waskita Beton Precast Tahap II Tahun 2019.

Baca juga: Waskita Beton (WSBP) Optimistis Pasokan Produk Precast di Tol Kataraja Capai 50%

Termasuk perubahan dan perjanjian lain yang berkaitan dengan Perjanjian Perwaliamanatan untuk disesuaikan dengan Perjanjian Perdamaian yang telah mencapai homologasi.v

"Proposal Perdamaian WSBP kan sudah inkracht, jadi perjanjian perwaliamanatan sebelumnya mau disesuaikan dengan perjanjain perdamaian atau menyesuaikan ketentuan penyelesaian utang obligasi dengan perjanjian perdamaian," terang Fandy.

Selain itu, RUPO juga membahas mengenai laporan penunjukan Agen Pemantau Independen untuk memonitor pelaksanaan Perjanjian Perdamaian yang telah disahkan berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Nantinya, Agen Pemantau Independen ini berfungsi untuk mengawasi cash flow dan melaporkan ketersediaan Cash Flow Available for Debt Services PT Waskita Beton Precast Tbk selaku emiten.

Baca juga: Waskita Beton (WSBP) Raih Lonjakan Pendapatan 81%

Advertisement

Sebelumnya, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyampaikan bahwa saat ini BEI tengah mempertimbangkan untuk membuka suspensi atas seluruh efek WSBP dengan mengacu pada beberapa persyaratan seiring dengan keberhasilan perseroan mencapai homologasi PKPU.

Adapun beberapa syarat yang dimaksud yaitu pertama, perjanjian perdamaian telah berkekuatan hukum tetap. Kedua, seluruh kewajiban penyebab suspensi efek telah terpenuhi dan ketiga, perseroan telah menyelesaikan restrukturisasi Efek Bersifat Utang atau Sukuk (EBUS) yang tercatat di BEI. Terakhir, perseroan harus menggelar Public Expose Insidentil.

"Untuk memperoleh informasi terkini mengenai perseroan, termasuk upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka pembukaan suspensi, kami mengimbau untuk dapat selalu memantau Keterbukaan Informasi Perseroan dan Pengumuman Bursa," tutup Yetna.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com