Menu
Sign in
@ Contact
Search
 Emiten grup Tanobel yakni PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) berhasil mencatatkan peningkatan penjualan hingga 30% menjadi Rp 307,7 miliar pada kuartal pertama 2022.

Emiten grup Tanobel yakni PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) berhasil mencatatkan peningkatan penjualan hingga 30% menjadi Rp 307,7 miliar pada kuartal pertama 2022.

Tahun Depan, Sariguna Primatirta (CLEO) Kembali Ekspansi Pabrik

Rabu, 30 Nov 2022 | 04:35 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Emiten milik Tanobel Group yakni PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) pada tahun depan akan fokus meningkatkan peluang pertumbuhan pendapatan dengan ekspansi hingga tiga pabrik baru.

Vice president Director Sariguna Primatirta (CLEO) Melisa Patricia menjelaskan, pada tahun depan perseroan terus meningkatkan efisiensi untuk mengantisipasi kenaikan laju inflasi terkait kenaikan harga komoditas, khususnya harga bahan bakar minyak. “Kami akan terus melanjutkan kegiatan ekspansi bisnis sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, seperti membangun 2-3 pabrik baru setiap tahunnya untuk lebih mendekatkan lokasi produksi dengan lokasi pasar kita,” jelasnya kepada Investor Daily, Selasa (29/11/22),

Secara rinci, Melisa mengatakan, perseroan akan kembali membangun pabrik air minum dalam kemasan di kota Lampung, Manado dan pekanbaru. Meski demikian, untuk kapasitas produksi masing-masing belum dapat perseroan rincikan untuk saat ini.

Baca juga: IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo di Tiongkok

Advertisement

Lebih lanjut, ekspansi yang dilakukan perseroan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengiriman. Mengingat sifat air minum dalam kemasan yang berat dengan volume yang besar, untuk memangkas biaya distribusi kami harus selalu berusaha mendekatkan tempat produksi dengan lokasi pasar. “Sementara, dari sisi produksi, perseroan akan terus melanjutkan inovasi dengan meluncurkan produk-produk baru yang inovatif, yang menjawab kebutuhan konsumen,” ujarnya.

Saat ditanya soal risiko resesi global, Melisa menuturkan, situasi tahun 2023 tentunya akan sangat menantang industri di Indonesia secara keseluruhan. Namun demikian, perseroan optimis situasinya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap bisnis CLEO, mengingat air minum akan selalu dibutuhkan dalam situasi apapun, terutama dengan semakin meningkatnya aktivitas masyarakat.

“Tinggal bagaimana kami memperkuat jaringan distribusi dan pemasaran. Terkait tantangan pengaruh resesi tahun 2023, kami akan meningkatkan efisiensi untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga energi, sebagai imbas dari perang Rusia-Ukraina yang berkepanjangan,” kata dia.

Baca juga: Rugi Terus pas Awal Investasi Saham, Lo Kheng Hong: Saya Tidak Berani Cerita ke Istri

Namun sayangnya, saat ditanya soal rincian capex, perseroan masih belum dapat memberikan rincian lantaran masih dalam perhitungan. Adapun untuk realisasi capex tahun ini sampai akhir September mencapai Rp 237,2 miliar.

Adapun sebelumnya, Sariguna Primatirta sebagai emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan berhasil membukukan penjualan Rp 1 triliun pada Kuartal III-2022, meningkat 26% jika dibandingkan dengan periode yang sama. Dengan hasil penjualan tersebut, CLEO membukukan laba bersih Rp150,95 miliar, naik 10,5% YoY.

Adapun beban pokok penjualan periode ini masih meningkat signifikan sebesar 36%YoY menjadi Rp 621,04 miliar, karena naiknya harga material untuk kemasan serta perubahan komposisi penjualan. Dalam hal ini, Perseroan mengalami peningkatan penjualan produk dengan kandungan biaya material lebih tinggi, yaitu produk dengan kemasan kecil.

Baca juga: Aksi Terbaru, PGN (PGAS) Akan Tender Offer Obligasi Rp 6,29 Triliun

“Berkat kerja keras dari seluruh karyawan dan mitra bisnis, CLEO kembali membukukan kinerja yang positif pada kuartal III ini. Kami akan terus melanjutkan ekspansi, baik dengan mengembangkan jaringan distribusi maupun membangun pabrik-pabrik baru untuk bisa melanjutkan kinerja yang positif,” kata Melisa.

Melisa menambahkan, Perseroan menyadari, relasi yang kuat antara CLEO dengan pelanggan dan mitra menjadi kunci penting dalam membangun bisnis yang keberlanjutan. Oleh karena itu,  CLEO bertekad untuk semakin menguatkan relasi dengan mitra dan pelanggan, salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan Cleo Smart Run 5K 2022 yang akan digelar tanggal 30 Oktober 2022 di Ixora Valley, Araya Malang.

Melalui Cleo Smart Run seri ketiga bertema ‘Now Be The Winner’ yang akan diikuti oleh 500 pelari ini, CLEO mengajak masyarakat untuk bergerak maju melalui kegiatan berlari. “Kita harapkan kegiatan berlari ini dapat menjadi perwujudan afirmasi diri bahwa kita semua bisa bangkit dan bergerak maju menjadi pemenang setelah sekian lama diterpa badai pandemi,” pungkas Melisa.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com