Menu
Sign in
@ Contact
Search
Karyawan memegang mata uang rupiah di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta Pusat. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww)

Karyawan memegang mata uang rupiah di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta Pusat. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww)

Rupiah Melemah Tipis Seiring Pasar Nantikan Pidato Gubernur Fed

Rabu, 30 Nov 2022 | 12:56 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (30/11) melemah. Pelaku pasar tengah menantikan pidato Gubernur Federal Reserve (Fed) Jerome Powell.

Rupiah pagi ini melemah 2 poin atau 0,01% ke posisi Rp 15.745 per dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.743 per dolar AS.

“Ada sinyal bahwa kenaikan suku bunga AS kemungkinan akan melambat dalam beberapa bulan mendatang,” tulis Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Emas Naik 8,40 Dolar karena Fed Mungkin Perlambat Kenaikan Suku Bunga

Advertisement

Powell diperkirakan akan memberikan lebih banyak isyarat tentang ekonomi AS dan jalur kebijakan moneter untuk sisa tahun ini, ketika dia berbicara di sebuah acara di Washington.

Pasar juga menunggu data ketenagakerjaan non pertanian atau non farm payrolls (NFP) AS akhir pekan ini.

Sementara itu, risalah pertemuan Fed pada November menunjukkan bahwa semakin banyak anggota bank sentral mendukung kenaikan suku bunga yang lebih kecil dalam beberapa bulan mendatang.

Namun para pembicara Fed telah memperingatkan bahwa inflasi yang membandel kemungkinan akan membuat bank sentral mempertahankan suku bunga tetap tinggi hingga 2024.

Baca juga: Rupiah Melemah Seiring Berkurangnya Kepemilikan Asing di SBN

Tren inflasi AS jauh di atas target tahunan The Fed. Namun inflasi yang membandel dapat membuat bank sentral memperketat kebijakan moneter lebih lanjut untuk menurunkan harga.

Pada Selasa (29/11) lalu, rupiah ditutup melemah 21 poin atau 0,13% ke posisi Rp 15.743 per dolar AS, dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.722 per dolar AS.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com