Menu
Sign in
@ Contact
Search
Modernland Realty. Foto: Istimewa

Modernland Realty. Foto: Istimewa

Demi Buyback Global Bond, Modernland Realty (MDLN) Harus Jual Aset US$ 200 Juta

Rabu, 7 Des 2022 | 18:38 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Modernland Realty Tbk (MDLN) berniat menjual aset senilai US$ 200 juta hingga Desember 2024. Dana tersebut nantinya digunakan untuk pembelian kembali atau buyback global bond.

Direktur Utama Modernland Realty William Honoris mengatakan, tahun ini, perseroan telah memenuhi sebagian dari target penjualan aset. Lokasi aset yang dijual dapat berada di kawasan residential atau industrial. “Meski ada aset yang dijual, langkah tersebut tidak akan mengganggu penjualan unit konsumen perseroan,” jelasnya dalam keterbukaan informasi, Selasa (7/12/22).

Baca juga: Kuartal III, Modernland Realty Bukukan Marketing Sales Rp 600 Miliar

Penjualan aset tersebut dalam rangka melancarkan aksi korporasi perseroan yakni pembelian kembali surat utang sehubungan akan jatuh tempo. Untuk diketahui, Modernland Realty telah mengantongi persetujuan dari pemegang obligasi untuk restrukturisasi obligasi luar negeri senilai total US$ 390 juta.

Advertisement

Utang obligasi itu terdiri atas surat utang global atau guaranteed senior notes 2021 senilai US$ 150 juta dan dan guaranteed senior notes 2024 senilai US$ 240 juta. Investor Relations and Budgeting Director Modernland Bobby Heryunda menuturkan, persetujuan perpanjangan restrukturisasi global bonds yang didapat perseroan tersebut adalah bentuk dari kepercayaan yang tinggi dari para investor terhadap perseroan di tengah pandemi dan krisis ekonomi yang saat ini melanda.

Terkait belanja modal, Direktur perseroan Herman masih belum mampu untuk mengungkapkan angka pasti. Hanya saja penggunaan terbesar untuk pembayaran kontraktor dan supplier. Sedangkan untuk lahan, perseroan sebelumnya telah melakukan pembelian lahan yang berlokasi di Cilejit, Bekasi dan juga Cikande, namun nilai yang dikeluarkan tidak terlalu besar. “Saat ini perseroan mempunyai persediaan/inventory yang cukup dimana fokus utamanya yani melakukan konversi menjadi penjualan,” ujarnya.

Penuh Tantangan

Mengenai prospek usaha kedepan, tambah David, perseroan memandang tahun 2023 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pasar properti dengan fakta bahwa Bank Indonesia menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 4 kali dalam empat bulan berturut-turut serta kebijakan insentif PPN untuk properti yang telah berakhir pada September 2022 lalu.

Baca juga: Rupiah Turun di Tengah Ekspektasi Kenaikan Bunga Fed yang Lebih Besar

Di sisi lain, inflasi yang terjadi juga mempengaruhi daya beli masyarakat dan dapat mempengaruhi iklim investasi pada sektor properti. Namun demikian, perseroan akan terus mengembangkan strategi dan memperkuat eksekusi untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada.

“Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan menghadirkan produk properti yang terjangkau di segmen pasar middle-up melalui pengembangan new design dan konsep yang lebih mendekatkan produk-produk Perseroan dengan selera pasar yang berkembang saat ini dengan tetap mempertimbangkan kekuatan daya beli pasar,” katanya.

Baca juga: Emiten Properti Menuju Pemulihan Total, Bagaimana dengan Saham Pilihanmu?

Modernland Realty berhasil berhasil membukukan Marketing Sales sebesar Rp 600 miliar hingga kuartal III-2022, pencapaian ini merupakan 60% dari target penjualan non bulk-sales. Pendapatan terbesar berasal dari residensial membukukan Rp342 miliar atau meningkat 17% quarter to quarter.

“Kontribusi penjualan didominasi oleh Jakarta Garden City yang meluncurkan extension cluster Mahakam fase 2 di bulan Juni 2022 serta peluncuran new cluster The Essence @Yarra pada bulan September 2022,” ungkap Direktur PT Modernland Realty Tbk David Iman Santosa, dalam keterangannya, Jumat (2/12/2022.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com