Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pialang memantau pergerakan saham di sekuritas, Jakarta, belum lama ini. (Investor Daily/David Gita Roza)

Pialang memantau pergerakan saham di sekuritas, Jakarta, belum lama ini. (Investor Daily/David Gita Roza)

Pilarmas: IHSG Melemah Terbatas, Lima Saham Bakal Cuan Banget!

Kamis, 8 Des 2022 | 07:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi melemah terbatas pada perdagangan Kamis (8/12/2022). IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada rentang 6.779 – 6.888. Lima saham disebut bakal cuan banget, salah satunya RICY.  

Pada perdagangan Rabu (7/12/2022), IHSG ditutup melemah sebesar 73 poin (1,07%) ke level 6.818. Sektor transportasi dan logistic, teknologi, keuangan, infrastruktur, bahan baku, konsumen primer, dan industry bergerak negatif dan mendominasi penurunan IHSG.  

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, secara mengejutkan, pertumbuhan ekonomi Eropa untuk kuartal III, naik dari sebelumnya 2,1% menjadi 2,3% secara year on year (YoY). Naik dari sebelumnya 0,2% menjadi 0,3% secara quarter on quarter (QoQ). Investasi modal telah mendorong kinerja di daerah tumbuh lebih baik, didukung oleh kontribusi konsumsi rumah tangga. Krisis energi yang terjadi telah mendorong kenaikkan biaya gas alam akibat invasi, tampaknya masih belum menggoyahkan pertumbuhan ekonomi di Eropa.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: Waspadai Support Critical Level, BBRI Hingga ESSA Layak Dikoleksi

Advertisement

“Namun, tentu saja tekanan akan kenaikkan energi, berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi kuartal ke 4 2022 nanti dan berlanjut hingga awal tahun 2023,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Kamis (8/12/2022).

Pelemahan ekonomi Eropa masih belum usai, sekarang kita harus berjibaku terhadap ekspor dan impor Tiongkok yang mengalami penurunan dengan sangat cepat, akibat adanya wabah covid yang telah menganggu pemulihan ekonomi Tiongkok, mengganggu produksi dan memangkas permintaan dari dalam negeri. Penurunan ini juga tidak biasanya terjadi, karena ada ekspor yang meningkat tinggi menjelang natal dan musim liburan. Memburuknya kinerja perdagangan telah menggoyahkan pilar ekonomi Tiongkok selama dua tahun terakhir.

Baca juga: Yugen: IHSG Masih Tertekan, Tujuh Saham Masuk Daftar Calon Untung Besar

“Saat ini tekanan demi tekanan memberikan sentimen yang kurang baik bagi pasar, terutama ketika potensi resesi kian mengalami kenaikkan yang dimana membuat pelaku pasar dan investor khawatir. Jarak antara imbal hasil US Treasury jangka pendek dengan jangka panjang juga semakin lebar, yang dimana itu artinya pelaku pasar dan investor semakin yakin terhadap prospek perekonomian yang kurang baik,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.  

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, momentum natal dan tahun baru atau nataru menjadi momen yang ditunggu untuk mendorong kinerja industri makanan dan minuman sebagaimana meningkatnya konsumsi pada moment selebrasi tersebut. Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmi) mengestimasikan bahwa penjualan makanan dan minuman dapat tumbuh sebesar 10% - 15% selama nataru.

Baca juga: Saham-saham Inggris, Jerman dan Prancis Perpanjang Kerugian

Hanya saja, Pilarmas Investindo Sekuritas menilai kelesuan tampak menyelimuti di mana permintaaan makanan dan minuman belum begitu terlihat seiring dengan daya beli masyarakat yang masih melemah imbas kenaikan harga energi, bahan baku dan inflasi tinggi. Sehingga, dukungan terhadap industri makanan dan minuman oleh Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan kinerja ekspor seiring dengan meningkatnya neraca perdagangan dari industri makanan minuman tersebut.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan lima saham bakal cuan banget pada perdagangan hari ini. Kelima saham tersebut adalah RICY, AMRT, PTBA, LPPF, BIPI.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com