Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi PT Data Sinergitama Jaya Tbk  (ELIT) atau Elitery. (Dok: Perseroan)

Ilustrasi PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau Elitery. (Dok: Perseroan)

Penyedia Layanan Cloud Computing (ELIT) Ikutan IPO, Tawarkan Harga di Kisaran Rp 120-150

Jumat, 16 Des 2022 | 15:38 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau Elitery bersiap menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak-banyaknya 500 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 25 setiap saham.

Jumlah saham yang dilepas itu sebanyak-banyaknya 24,61% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO. Elitery membuka harga penawaran kepada masyarakat Rp 120-Rp 150 setiap saham. Karena itu, jumlah seluruh nilai penawaran umum sebanyak-banyaknya adalah Rp 75 miliar.

Baca juga: Ada Lagi yang Mau IPO nih, Buka Harga Rp 200-220

Selain itu, disebutkan dalam prospektus awalnya bahwa perseroan dapat melakukan perubahan rentang harga paling lambat 3 hari kerja sebelum batas waktu konfirmasi ada atau tidak adanya perubahan informasi atau penyampaian informasi mengenai jumlah dan harga penawaran efek, penjaminan emisi Efek sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor pasar modal mengenai tata cara pendaftaran dalam rangka penawaran umum. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah NH Korindo Sekuritas Indonesia.

Advertisement

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 250 juta waran seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak-banyaknya 16,32% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO ini disampaikan.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Setiap pemegang 2 saham baru perseroan berhak memperoleh 1 waran seri I di mana setiap 1 waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama satu tahun.

Waran seri I adalah efek yang diterbitkan oleh Perseroan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk memesan saham biasa atas nama perseroan yang bernilai nominal Rp 25 setiap sahamnya yang dapat dilakukan setelah 6 bulan sejak efek dimaksud diterbitkan, yang berlaku mulai tanggal 6 Juli 2023 sampai dengan tanggal 5 Januari 2024.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, akan digunakan untuk:

1. Sekitar 14,29% digunakan untuk pembelian server yang dibeli dari pihak tidak terafiliasi dengan harga sekitar Rp 10 miliar dengan tujuan transaksi adalah untuk peningkatan penjualan dari jasa dan produk perseroan dan transaksi ini tergolong dalam capital expenditure (Capex);

2. Sisanya, sekitar 85,71% akan digunakan untuk modal kerja seperti pembiayaan proyek baru perseroan, research & development, perektrutan dan pelatihan tenaga profesional, biaya operasional, serta pemasaran dan promosi dimana modal kerja tersebut tergolong dalam operating expenditure (Opex).

Sedangkan dana yang diperoleh perseroan dari pelaksanaan waran seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran maka seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja perseroan yaitu untuk marketing, gaji, dan biaya operasional.

Pemegang saham ELIT saat ini adalah PT Gratus Deo Indonesia 36,37%; PT Indonesia Muda Inovatif 28,27%; PT Delemont Global Venture 20%; PT Inotech 8,13%; Jimmy Sugiarto 4%; dan Hendra Suryakusuma 3,23%.

Data Sinergitama Jaya atau lebih dikenal dengan Elitery didirikan pada tanggal 20 Juni 2011. Elitery adalah penyedia layanan (managed service) di bidang teknologi informasi, khususnya teknologi pusat data terbaru, data center virtual (cloud).

Baca juga: Hormel Foods dari Amerika Borong 29% Saham Garudafood (GOOD)

Elitery memulai pelayanannya dengan mengoperasikan pusat data tradisional yang berlokasi di Jawa Barat dan merupakan data center pertama di Asia Tenggara yang mendapat sertifikasi Tier III dari Uptime Institute. Seiring dengan berkembangnya teknologi pusat data, Elitery terus beradaptasi dan berinovasi. Saat ini, Elitery fokus pada teknologi pusat data terkini yaitu pusat data virtual yang umumnya disebut dengan komputasi awan atau cloud computing.

Berikut jadwal sementara IPO Data Sinergitama Jaya (ELIT) atau Elitery:

Sumber: Perseroan

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com