Sabtu, 25 Maret 2023

Wapres: Aktivitas Pasar Modal Cukup Bergairah Sepanjang 2022

Indah Handayani
30 Des 2022 | 16:13 WIB
BAGIKAN
Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin di sela
Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin di sela

JAKARTA, investor.id – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan, aktivitas pasar modal Indonesia cukup bergairah sepanjang 2022. Hal itu tercermin dengan berbagai torehan positif di tahun ini. Salah satunya IHSG yang mampu menembus rekor tertingginya sepanjang sejarah. Bahkan, angka tersebut melampaui sebelum pandemi.

“Hingga Desember ini, IHSG mempertahankan pertumbuhan positif dan mencatatkan nilai transaksi rata-rata harian mencapai Rp 14 triliun. Serta, kapitalisasi pasar yang meningkat menjadikan bursa yang terbesar di Kawasan Asia Tenggara,” ungkap Wapres di sela seremoni penutupan Perdagangan 2022, Jumat (30/12/2022).

Menurut Wapres, berbagai capaian tersebut menjadi pijakan positif bagi pelaku pasar untuk menatap optimistis perekonomian Indonesia di 2023. “Seraya tetap mengikuti dengan kewaspadaan dan kehati-hatian,” tambahnya.

Baca juga: Sri Mulyani: Lebih Susah Beli Sukuk Ritel daripada Tiket Blackpink

Pertama, lanjut dia, pemulihan ekonomi berjalan di jalur yang tepat. Indeks manufaktur ekspansif, ekspor tumbuh, surplus neraca perdagangan terus membesar. Meskipun demikian, antisipasi atas situasi ekonomi global dan perlambatan ekonomi di negara mitra dagang tetap diperlukan.

Wapres menegaskan, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi di 2023 akan mencapai 5,3% dan inflasi di kisaran 3%. Untuk itu, pemerintah focus menjaga level konsumsi domestic dan daya beli masyarakat. Selain itu, hilirisasi dan pemberdayaan UMKM, pengembangan ekonomi digital dan ekonomi hijau menjadi sangat penting untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

Kedua, Wapres mengatakan sektor keuangan yang sehat dan kuat. Pada sektor perbankan, rasio kecukupan modal kuat, rasio kredit bermasalah rendah dan dalam batas aman. Pertumbuhan kredit perbankan mengimplikasikan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat dan optimism pelaku usaha.  

Baca juga: BEI: IHSG Bergerak di Zona Positif pada 2022

Menurut Wapres, hadirnya Undang-undang Penguatan dan Pengembangan Sektor KEuangan (P2SK) menjadi landasan kokoh bagi sektor keuangan Indonesia. Sinergi pemerintah dan peran BI dan OJK, serta LPS yang semakin kuat menjaga sektor keuangan. Perluasan dalam peran LPS sebagai penjamin asuransi akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat akan industry asuransi,” ucap Wapres.

Ketiga, Wapres menjelaskan, sektor UMKM mulai bangkit. Melalui berbagai program pemulihan ekonomi nasional, implementasi UU Cipta Kerja dan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Baca juga: Sepanjang 2022, IHSG Berhasil Torehkan Kenaikan 4,08%

Keempat, Wapres menyebut sektor ekonomi dan keuangan syariah terus menunjukan pertumbuhan. Perkembangan pasar modal Syariah sangat menggembirakan. Sepanjang 2022,  Indeks saham syariah tumbuh 9,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai Sukuk korporasi juga  meningkat 20,23%. 

Terakhir, penanganan kasus Covid-19 terkendali. Cakupan vaksinasi dan booster luar biasa. Sehingga aktivitas ekonomi di 2023 diharapkan akan jauh lebih meningkat. 

Wapres pun berharap, kinerja pasar modal Indonesia tumbuh positif pada 2023. Banyak perusahaan akan go public, termasuk sektor UMKM baik kelas. Beserta berkembangnya penawaran efek melalui urun dana berbasis teknologi informasi. “Di lain pihak, regulator dan pengawasan pasar modal BEI dan OJK dapat meningkatkan pengawasan dan perlindungan investor sehingga kepercayaan investor semakin tinggi terhadap pasar modal Indonesia,” tutupnya.

 

 

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Business 11 menit yang lalu

Gudang Pakaian Impor Bekas Digerebek, Polisi Periksa 15 Saksi

Presiden Jokowi menilai impor pakaian bekas mengganggu industri UMKM.
National 18 menit yang lalu

Kabar Duka, Paulus Plate Tapun Ayahanda Menkominfo Johnny G Plate Meninggal Dunia

Masa purna bakti hingga meninggal, Paulus Plate Tapun diketahui menetap di Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT.
National 48 menit yang lalu

Haedar Imbau Warga Muhammadiyah Lakukan Jihad Ekonomi Masif dan Terstruktur

Jihad ekonomi menjadi salah satu putusan dalam Muktamar Muhammadiyah di Makassar pada 2015.
Finance 1 jam yang lalu

Direksi Makin Solid, Ini Strategi BTN Kejar Target Laba Rp 3,3 Triliun

BTN optimistis on the track mewujudkan visi perseroan menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025
National 1 jam yang lalu

Bantuan Operasional Pendidikan Dini Islam Rp381 Miliar Bakal Cair

Pencairan BOP RA tahap I. akan diperuntukkan bagi 28.841 RA seluruh Indonesia.
Copyright © 2023 Investor.id