Menu
Sign in
@ Contact
Search
investfox hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang investasi dan trading.

investfox hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang investasi dan trading.

Pentingnya Pendidikan bagi Investor dan Pembahasan yang Transparan

Sabtu, 7 Jan 2023 | 19:32 WIB

JAKARTA, investor.id - Pendidikan bagi investor sangat penting agar terhindar dari penawaran investasi yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, terlebih dengan menjanjikan imbal balik diluar kewajaran. Bahkan beberapa pelaku sampai berurusan dengan penegak hukum dan vonis pun telah dijatuhkan.

Telah sama-sama kita ketahui dan saksikan begitu banyak masyarakat yang dirugikan sebagai akibat bergabung dengan investasi yang tidak jelas. Dari beberapa kejadian itu seharusnya menyadarkan kita bahwa segala sesuatu tidak ada yang instan. Demikian halnya dengan investasi, untuk meraih hasil yang diharapkan perlu pemahaman yang komprehensif agar kita dapat memilih dan memilah penawaran investasi yang belakangan ini semakin masif.

Dengan berbekal pengetahuan yang cukup setidaknya masyarakat dapat terhindar dari penawaran investasi yang tidak bertanggung jawab atau setidaknya dapat menyortir penawaran investasi dengan tingkat pengembalian yang tidak wajar.

Di sini investfox hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang investasi dan trading. Tim edukasi kami selalu siap untuk memandu melewati setiap langkah yang mungkin dibutuhkan dalam perjalanan menjadi investor yang percaya diri. Pusat pendidikan trading keuangan kami telah disiapkan secara khusus untuk menjelaskan terminologi, mengungkapkan strategi, dan membawa investor mana pun seperti layaknya membawa anak kecil masuk ke pasar keuangan dan menunjukkan jalan agar menjadi investor yang bijaksana.

Advertisement

Materi Pendidikan

Tersaji materi pendidikan yang lengkap dalam bentuk artikel yang dapat diakses oleh publik  secara gratis. Seluruh materi kami sajikan dengan urutan yang terstruktur dengan baik dan berkelanjutan. Materi ditulis dan disiapkan oleh tim ahli yang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang panjang dalam dunia keuangan dan investasi. Bahkan sebelum diluncurkan di situs website, seluruh materi pendidikan dibahas dalam panel diskusi sehingga menghasilkan tulisan yang benar-benar berkualitas dan layak disajikan kepada para pembaca.

Tersaji materi pendidikan yang lengkap dalam bentuk artikel yang dapat diakses oleh publik secara gratis.

Lebih Jauh tentang Investasi

Kami yakin sebagian besar dari kita  sudah akrab dan sering  mendengar tentang investasi dan bagaimana menghasilkan uang di berbagai pasar keuangan yang berbeda. Memang benar bahwa kita dapat menukar uang dengan aset tertentu, untuk kemudian kemudian memperoleh keuntungan atas penukaran tersebut.

Ada beberapa pasar keuangan di mana jutaan investor di seluruh dunia menukar uang dengan aset yang bertujuan agar aset mereka bertumbuh. Pasar ini termasuk pasar valuta asing, saham, obligasi, komoditas, dan mata uang kripto

Kami telah menyiapkan materi komprehensif ini sebagai panduan dalam langkah pertama memahami dunia investasi dan trading, membahas tentang apa itu investasi, mengapa itu dibutuhkan, dan apa yang perlu diketahui sebelum melangkah lebih lanjut.

Apa itu Investasi?

Berinvestasi adalah mengalokasikan uang untuk pertukaran aset yang dapat meningkat nilainya dari waktu ke waktu, dengan harapan menghasilkan keuntungan. Ini lebih seperti pengamanan di mana kita dapat mentransfer aset uang tunai yang sangat likuid ke aset yang kurang likuid seperti saham, obligasi dan komoditas.

Saat berinvestasi pada aset yang kurang likuid, kita memperkirakan bahwa nilai aset ini akan meningkat di masa mendatang, sehingga saat  mengubah kembali aset tersebut, kita akan memiliki lebih banyak uang tunai daripada yang dimiliki sebelumnya. Alasan yang jelas untuk transaksi ini adalah memanfaatkan uang untuk menghasilkan uang.

Investasi selalu dikaitkan dengan risiko dan imbal hasil, tidak ada jaminan bahwa investasi akan selalu berhasil, dan kita selalu cermat memperhitungkan kehilangan uang. Itulah sebabnya investor disarankan hanya menggunakan uang yang tidak dibutuhkan dalam waktu dekat.

Memulai Investasi

Untuk mulai berinvestasi, kita perlu mencari agen atau broker yang memungkinkan untuk membeli dan menjual berbagai aset sekuritas. Ada broker online, tetapi itu tidak berarti bahwa kita dapat mengambil dan memilih salah satu dari sekuritas yang disediakan.

Beberapa broker menyalahgunakan kecenderungan besar investasi ini untuk mempraktikkan skema terlarang mereka. Untuk alasan ini, kita perlu mencari broker yang teregulasi dan dipercaya. Broker yang memegang satu atau lebih lisensi dari otoritas terpercaya seperti FCA, CySEC, FSCA, atau ASIC dapat dianggap dapat dipercaya.

Setelah menemukan broker investasi dengan regulasi yang terpercaya, selanjutnya lakukan pengecekan layanan dan produk yang ditawarkan. Selalu memeriksa perbedaan antara pasar dan instrumen keuangan adalah merupakan ide bagus. Periksa aset mana yang lebih menarik, dan portofolio investasi apa yang paling sesuai.

Hal lain yang perlu di ketahui tentang broker investasi termasuk setoran minimum, biaya pemrosesan, dan metode pembayaran serta penarikan untuk mengetahui bagaimana keamanan dana kita.

 

Editor : Yurike Metriani (yurikemetriani@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com